Ketahui Cara Kerja Pressure Switch agar AC Mobil Sedingin Kulkas

Selasa, 25 Mei 2021 - 14:29 WIB
loading...
Ketahui Cara Kerja Pressure Switch agar AC Mobil Sedingin Kulkas
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Air conditioner atau AC menjadi komponen penting dalam mobil. Tanpa adanya AC kenyamanan dalam berkendara pasti sangat berkurang akibat ruang kabin yang terasa pengap.

Namun ada saja kalanya AC mengalami kerusakan. Salah satu penyebab tidak berfungsinya AC di kendaraan karena ada kebocoran freon dan kegagalan fungsi pada komponen di dalamnya.



Karena itu dibutuhkan sebuah pengaman untuk AC dari kebocoran yang bernama pressure switch. Lantas, bagaimanakah cara kerja pressure switch sehingga bisa melindungi AC? Dirangkum dari laman resmi Auto2000, berikut ini fungsi dan cara kerja pressure switch.

Fungsi pressure switch

Salah satu kendala yang sering terjadi pada AC mobil adalah tiba-tiba mati atau tidak dingin.

Hal ini kerap kali disebabkan oleh kebocoran dan temperatur mesin terlalu tinggi. Kendati demikian, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena sebenarnya AC memiliki sistem pelindung yang bernama pressure switch.

Pressure switch adalah alat sakelar tekanan yang berfungsi mengamankan AC mobil dari kebocoran dan risiko suhu mesin tinggi.

Cara kerja pressure switch adalah mengatur kinerja tekanan gas freon ketika AC mobil dihidupkan. Ketika tekanan freon dirasa terlalu tinggi, maka sensor liquid yang ada di pressure switch akan menutup demi mencegah kebocoran freon terlalu parah.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)