Sebelum Beli Mobkas Kenali 3 Ciri Mobil Pernah Turun Mesin

Kamis, 27 Mei 2021 - 10:48 WIB
loading...
Sebelum Beli Mobkas Kenali 3 Ciri Mobil Pernah Turun Mesin
Ilustrasi bengkel mobil. FOTO/ IST
JAKARTA - Membeli mobil bekas (mobkas) memang menjadi langkah alternatif untuk mendapatkan mobil incaran dengan harga miring.

Tapi perlu dicatat ya, jangan langsung tergiur dengan harga mobil bekas murah yang ditawarkan. Jika tidak hati-hati, bisa saja mobil pilihan Anda ternyata sudah tidak bagus kondisinya.

BACA JUGA - Pesawat Intai Israel Melintasi Wilayah Putrajaya dekat Indonesia, Malaysia Murka

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini ciri-ciri mobil pernah turun mesin.



Mengenal turun mesin

Sebelum membahas ciri-ciri mobil pernah turun mesin, penting untuk mengetahui tentang kondisi turun mesin terlebih dulu.
Selama ini, turun mesin identik dengan penurunan kondisi mesin mobil. Hal tersebut sebenarnya kurang tepat.

Mengutip laman resmi Auto2000, Kamis (27/5/2021), turun mesin adalah suatu istilah di dunia otomotif dalam menyebut proses pelepasan mesin dari badan mobil untuk kemudian diperiksa dan diperbaiki. Turun mesin juga sering disebut dengan istilah overhaul.

Mobil yang pernah turun mesin berarti sudah pernah mengalami kerusakan berat. Oleh karenanya, Anda disarankan untuk tidak membeli mobil bekas yang sudah pernah turun mesin. Dikhawatirkan nantinya malah akan mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan mobil.

Ciri-ciri mobil turun mesin

Jika dilihat sekilas, mungkin Anda kan kesulitan untuk mengetahui apakah mobil tersebut sudah pernah turun mesin atau belum. Namun, dengan pengamatan saksama, calon pembeli pasti bisa mengenali ciri-ciri mobil yang sudah pernah turun mesin. Berikut detailnya:



1. Ruang mesin bersih

Ciri pertama yang paling mudah diidentifikasi bisa dilihat dari kondisi ruang mesin. Ruang mesin pada mobil yang pernah turun mesin biasanya terlalu bersih. Ini karena saat mobil melakukan overhaul, mesin akan diangkat untuk diperiksa dan diperbaiki. Saat perbaikan tersebut, ruang mesin pun akan dibersihkan. Jadi, jika menemukan mobil bekas dengan ruang mesin yang terlalu bersih, Anda layak mempertanyakannya.

Meski begitu, bukan berarti semua mobil bekas yang ruang mesinnya bersih adalah mobil turun mesin. Anda perlu mencocokkannya dengan kebiasaan si pemilik. Jangan ragu juga untuk bertanya lebih lanjut kepada pemilik sebelum mengambil keputusan untuk membeli mobil.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE