Mengenal BMW R27, Moge Klasik yang Dipakai Ridwan Kamil Membonceng AHY

Sabtu, 05 Juni 2021 - 17:01 WIB
loading...
Mengenal BMW R27, Moge Klasik yang Dipakai Ridwan Kamil Membonceng AHY
RK terlihat membonceng AHY menggunakan motor gede (moge) merek BMW, untuk nostalgia berkeliling kota Bandung. Foto/ IG Ridwan Kamil
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK), baru saja mengunggah foto-foto keakrabannya dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Yudhoyono (AHY), di Instagram pribadinya. Dalam foto tersebut, RK terlihat membonceng AHY menggunakan motor gede (moge) merek BMW , untuk nostalgia berkeliling kota Bandung.

"Saya ajak ke jalur nostalgia, karena Mas AHY itu lahir di Bandung, bersekolah dan jatuh cinta kepada @annisayudhoyono juga di Bandung," tulis RK, dalam unggahannya.



Dilihat dari penampakannya, motor yang ditunggangi RK dan AHY sepertinya BMW R27. Meski populasinya tidak sebanyak Harley Davidson, namun BMW merupakan motor gede yang menjadi idaman penunggang roda dua di Indonesia.

BMW R27 merupakan rakitan antara tahun 1960 – 1966 di Jerman. R27 adalah motor touring yang memiliki karakter lebih mewah dan lebih bertenaga.

Bersama dengan pendahulunya, R26, BMW R27 sempat dimanfaatkan sebagai kendaraan palang merah Jerman dan juga kendaraan militer pada masanya.

Layaknya moge kebanyakan, BMW R27 juga tampil kokoh dengan sasis yang terbuat dari baja, yang disokong dengan suspensi lengan ayun yang lebih nyaman dibandingkan suspensi plunger.



Motor ini juga lebih nyaman dikendarai karena mesinnya telah dilengkapi karet untuk meredam getaran.

BMW R27 dibekali mesin 4-stroke, 2 OHV, single cylinder with driveshaft, berkapasitas 247cc. Dengan bekal tersebut, BMW R27 tampil garang dengan meletupkan daya hingga 18 HP pada putaran 7.400 rpm.

Motor yang mampu melaju hingga kecepatan 130 km/jam ini sekaligus menjadi model BMW terakhir yang mengusung mesin single cylinder.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3023 seconds (0.1#10.140)