Tips Mudah Isi Freon AC Mobil di Rumah

Jum'at, 11 Juni 2021 - 22:01 WIB
loading...
A A A
Freon perlu diisi pada selang bertekanan rendah dan tinggi secara terpisah. Untuk pengisian pada saluran yang bertekanan tinggi dimulai dengan menaikkan tekanan pada tabung. Caranya adalah memanaskannya dengan charging station.

Kemudian AC mobil juga harus dalam keadaan off selama pengisian. Ketika manifold gauges sudah terpasang, kran tekanan rendah perlu ditutup dan kran tekanan tinggi bisa dibuka. Tabung freon yang sudah dipanaskan kemudian dibalik agar bisa masuk ke saluran.

Nantinya yang masuk adalah freon cair dan bisa diisi sampai penuh. Selama proses ini nantinya cairan akan masuk ke kondensor karena semua katup sudah tertutup. Beda lagi dengan cara mengisi freon pada saluran tekanan rendah.

Untuk mengisi pada saluran tekanan tinggi, AC harus menyala dan memiliki putaran 2000 sampai 3000 RPM di mana AC temperaturnya maksimal. Saluran untuk mengisi yang digunakan adalah S atau L kompresor AC.

Manifold gauge dipasang terlebih dahulu kemudian kran pada tabung freon dibuka. Kran tekanan rendah perlu dibuka perlahan dan kran tekanan tinggi ditutup. Sehingga yang masuk adalah gas dan bukan cairan.

Cara mengisi freon AC mobil pada saluran tekanan rendah ini juga tidak perlu membalik tabung freon.
Proses pengisian harus memperhatikan jarum manometer. Sistem akan terisi penuh ketika angka saluran tekanan rendah mencapai 1,5 sampai 2 bar.

Sedangkan pada saluran tekanan tinggi harus mencapai angka 14,5 sampai 15 bar. Setelah sampai pada angka tersebut tutup kran dan lepaskan selang dan tutup tabung.

5. Cek ulang

Langkah terakhir adalah melakukan pengecekan apakah tidak terjadi kebocoran pada sistem AC. Kamu bisa memanfaatkan leak detector untuk mengetahui secara detail bahwa tidak terjadi kebocoran.

Untuk mengetahui apakah freon sudah terisi penuh selain memperhatikan angka pada manometer, ada cara lain yang bisa dilakukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2244 seconds (0.1#10.140)