Wajib Tahu, Ini 9 Jenis Ban Mobil Untuk Dipakai Dijalan Raya

Sabtu, 12 Juni 2021 - 19:05 WIB
loading...
Wajib Tahu, Ini 9 Jenis Ban Mobil Untuk Dipakai Dijalan Raya
Setiap produsen mobil memiliki jenis dan tipe yang berbeda-beda, tergantung kebutuhan. Foto: dok Garasi a57
A A A
JAKARTA - Ban merupakan bagian penting yang dari semua kendaraan. Pasalnya, ban merupakan komponen penggerak yang bersentuhan secara langsung dengan jalan untuk menggerakan sebuah mobil.



Ternyata ban sendiri juga mempunyai berbagai jenis dan tipe loh yang bisa digunakan. Anda harus tau bahwa setiap produsen mobil memiliki jenis dan tipe yang berbeda-beda. Lalu apa saja perbedaanya?

Wajib Tahu, Ini 9 Jenis Ban Mobil Untuk Dipakai Dijalan Raya

Berikut ini dilansir dari Auto2000, 9 jenis ban mobil yang sering digunakan di jalan raya:

1. Eco tire
Ban jenis eco-tire yang diproduksi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar. Jenis ban satu ini dirancang untuk mengedepankan efisiensi bahan bakar dengan terdapat lapisan silika sehingga grip daya cengkeraman ban ke jalan menjadi jauh lebih baik. Lapisan silika mampu membuat rolling resistance berkurang sehingga membuat mobil dengan gamang melaju tanpa membuat bahan bakar menjadi boros.

2. Ban bias
Jenis ban mobil ini adalah tipe yang paling banyak dipakai oleh masyarakat diperkotaan. Terbuat dari banyak lembar cord yang digunakan untuk rangka ban dengan alur ban, jenis ban bias memiliki panas yang terpusat di bagian tengah. Ini karena ban tertekan ke arah depan dan belakang saat sudah bersentuhan dengan jalanan.

3. Comfort tire
Ban jenis ini menggunakan karet yang tebal dan alur banya dibuat merapat. Tujuan nya adalah untuk mengutamakan kenyamanan Anda saat berkendara. Di lain sisi, ban yang cenderung tebal ini juga bisa mempercepat aliran udara di atas permukaannya. Biasanya ukuran dari ban in terlihat tebal dari ban lainya.

4. Ban radial
Jenis ban mobil radial memiliki ciri mencolok, yaitu lapisan seratnya yang menyilang pada lingkar ban. Ban radial ini biasa dipakai untuk mobil tipe penumpang dan truk ukuran sedang. Tidak dipakai untuk kendaraan alat berat seperti tronton karena sifat ban tidak akan kuat menahan beratnya.

5. Performance tire
Ban ini sering digunakan sebagian kalangan orang untuk keperluan balap. Hal itu dikarenakan bahwa Ban Performance tire adalah jenis ban mobil yang dipakai untuk mengoptimalkan performa. Ban ini dirancang untuk menjaga kendali mobil tetap ngegrip nempel ke aspal. Ban jenis ini bahkan biasanya memiliki alur yang sedikit untuk keperluan balap di trek aspal kering. Namun tidak cocok untuk digunakan saat ujan karena sedikit alir pada ban yang membuat sifatnya licin.

6. Spare tire
Spare tire merupakan ban cadangan atau serep. Terdapa dua jenis ban serep diantaranya temporary space saver dan full-size. Jenis spare tire pertama adalah ban khusus sementara yang memiliki ukuran lebih kecil dari ban bawaan. Hanya boleh berkendara pada kecepatan maksimal 50 km/jam. Sedangkan jenis kedua adalah ban dengan pelek yang sama seperti standar bawaan mobil.

7. Off-road tire
Anda pasti tau dari namanya off-road tire. Betul, jenis ban mobil ini memang tak biasa digunakan pada mobil yang melibas medan non-aspal. Terdapat dua macem ban offoad yaitu all-terrain atau ban AT yang artinya bisa melintas di jalan off-road maupun jalan biasa, serta mountain terrain MT untuk jalanan berpasir dan berlumpur. Model Ban MT (Mountain Terrain ) memiliki tapak lebar alur lebih menonjol seperti ban pacul dengan celah banyak grip daripada all-terrain fire.

8. Ban tubeless
Ban tubeless adalah jenis ban yang banyak digunakan mobil saat ini. Dirancang khusus oleh pabrikan mobil agar dapat menahan udara tanpa menggunakan ban dalam, tipe tubeless memiliki lapisan dalam untuk menghindari kebocoran udara. Lapisan dalam ini pun mampu mencegah ban langsung bocor saat tertusuk benda tajam.


9. Ban RFT
Run Flat Tire (RFT) adalah jenis ban mobil yang tetap dapat dipakai meski keadaannya dalam tekanan angin 0. Ini merupakan ban yang biasa digunakan pada mobil-mobil mahal dan mewah. Hal ini dikarenakan karna harga ban mobil ini juga mahal karena teknologinya yang bagus. Cara kerja ban RFT dapat berjalan dengan aman meski kondisinya kempis atau tanpa angin. Tentu saja ini menjadi keunggulan sendiri, sebab ban konvensional lainnya akan rusak bahkan menjadi roben banya bila dipaksakan dalam keadaan kempes. Ban RFT bisa Anda gunakan tanpa adanya angin dalam mobil sampai kecepatan 80 km/jam.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2086 seconds (0.1#10.140)