Bisa Fatal Akibatnya, Ini 5 Tanda Kampas Rem Mobil Anda Minta Diganti

Senin, 14 Juni 2021 - 15:04 WIB
loading...
A A A
4. Terdengar Suara Berdecit

Apabila timbul suara berdecit saat menginjak rem, ini juga salah satu tanda bahwa kampas rem mobil habis. Biasanya suara yang terdengar seperti suara dari gesekan besi atau logam.

Bunyi tersebut terjadi karena kampas rem yang telah habis hanya menyisakan bagian besi saja. Jadi sistem pengereman hanya terkena besi denan besi sehingga menimbulkan bunyi berdecit.

5. Minyak Rem Berkurang

Minyak rem yang berkurang juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa kampas rem mobil Anda telah menipis atau habis.

Minyak rem ini bisa Anda periksa melalui kap mobil, apabila didapati volume minyak turun padahal tidak ada kebocoran, maka besar kemungkinannya bahwa kampas rem kendaraan sudah habis atau menipis.

Mengapa minyak juga bisa berkurang apabila kampas rem habis? Hal ini karena kampas rem yang menipis, akan memaksa piston bergerak atau terdorong lebih jauh dan keluar. Sehingga menambah ruang hidrolik yang ada di dalam kaliper, alhasil menyebabkan minyak rem juga menurun.



Inilah tanda-tanda kampas rem mobil Anda habis yang penting untuk kenali. Karena sistem pengereman sangat vital dan krusial, maka berbagai komponen dari sistem ini harus selalu diperhatikan dengan baik.

Apabila Anda mendapati berbagai ciri seperti di atas, jangan tunggu lama dan segera ganti dengan kampas rem yang baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)