Sering Jadi Penyebab Mobil Mogok, Periksa Kondisi Busi Secara Berkala

Rabu, 16 Juni 2021 - 03:09 WIB
loading...
Sering Jadi Penyebab Mobil Mogok, Periksa Kondisi Busi Secara Berkala
Untuk menjaga pengapian mesin mobil tetap normal maka harus dilakukan perawatan secara berkala pada busi mobil. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Busi memiliki peran penting dalam mesin kendaraan Anda . Pasalnya busi berfungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin.

Untuk menjaga pengapian mesin mobil tetap normal maka harus dilakukan perawatan secara berkala pada busi mobil. Banyak orang yang menyelepekan akan hal ini padahal busi merupakan part yang penting untuk menghasilkan pengapian pada ruang bakar mesin.

Jika busi tidak di cek secara berkala maka pembakaran pun akan terhambat dan bisa menyebabkan mogok di jalan lantaran ruang mesin tidak ada pengapian. Dikutip dari Auto 2000, Anda bisa melakukan tips ini supaya busi bisa berfungsi dengan baik:



1. Lakukan pengecekan kerak

Anda bisa mengetahui kondisi busi denga membongkar dan melihat kerak (carbon fouling) yang menempel pada permukaan busi. Dari lapisan kerak ini, Anda akan tahu kondisi busi yang dipakai saat ini. Dengan melihat warna dan ketebalan kerak yang menempel pada bagian permukaan busi.

Jika di temui tumpukan kerak warna hitam pada bagian kepala busi , bisa dipastikan ada masalah. Tumpukan kerak hitam akan membuat daya tahan isolasi busi rendah. Hasilnya, tegangan listrik dari koil pun ikut rendah.

Itu juga berpengaruh terhadap percikan api yang dihasilkan busi juga akan lemah. Jika di dapati warna busi seperti itu segera bersihkan dengan menggunakan cairan khusus agar kotoran dan kerak yang menempel akan mudah hilang.

2. Jangan bersihkan busi menggunakan Amplas atau sikat kawat

Hindari membersihkan kerak yang menempel pada busi dengan menggunakan amplas atau sikat kawat ya. Amplas dan sikat kawat memiliki sifat abrasif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2584 seconds (0.1#10.140)