Volvo Akan Benamkan Teknologi Sensor Lidar untuk SUV Listrik XC90

Jum'at, 25 Juni 2021 - 15:01 WIB
loading...
Volvo Akan Benamkan Teknologi Sensor Lidar untuk SUV Listrik XC90
Sensor lidar bakal dipasang pada penerus mobil listrik Volvo XC90. Foto/dok
A A A
DETROIT - Volvo Cars berencana untuk menggunakan sensor lidar pada generasi baru SUV XC90 tahun depan. Teknologi ini menjadi bagian dari strategi untuk menerapkan keselamatan tinggi pada kendaraan otonom mereka.

Dilansir laman Autoblog, Jumat (25/6/2021), keputusan Volvo Cars untuk memasukkan sensor lidar ini disebut sebagai momen penting. Karena sedikit sekali mobil listrik yang menggunakan sensor lidar untuk menekan harga jual.

BACA: Volvo Ucapkan Selamat Tinggal ke Mesin Diesel

Untuk kebutuhan teknologi lidar Volvo akan dipasok oleh Startup sensor mobil self-driving Luminar Technologies Inc. Teknologi perangkat lunak Iris lidar dan Sentinel akan dikombinasikan dengan perangkat lunak dari Volvo di SUV listrik XC90 yang akan dibangun di South Carolina dan mulai dijual pada tahun 2022, kata perusahaan tersebut.

Teknologi baru dirancang untuk mengatasi situasi lalu lintas yang sering mengakibatkan kecelakaan parah dan menyebabkan kematian. Seiring waktu, teknologi akan menjadi lebih mampu untuk mencegah tabrakan, kata perusahaan.

"Dengan memiliki perangkat keras ini sebagai standar, kami dapat terus meningkatkan fitur keselamatan dan memperkenalkan sistem penggerak otonom yang canggih," kata Kepala Eksekutif Volvo Cars Hakan Samuelsson dalam sebuah pernyataan.

Sejauh ini, sensor lidar terlalu mahal bagi industri otomotif untuk diterapkan di mobil listrik. CEO Luminar Austin Russell mengatakan harga untuk satu unit sensor lidar berada di kisaran US$1.000.

BACA JUGA: Astronom Deteksi Komet Raksasa Sepanjang 130 Kilometer Akan Melintas

Chief Technology Officer Volvo Cars, Henrik Green, mengatakan biaya bukanlah fokus untuk merek mobil Swedia itu. Harga teknologi akan turun seiring pertumbuhan volume penjualan.

Green mengatakan kendaraan berikutnya akan menambahkan paket lidar sebagai standar. Ini akan melanjutkan sejarah Volvo Cars sebagai yang pertama menstandarisasi banyak fitur keselamatan, termasuk sabuk pengaman tiga titik dan kantong udara samping.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1680 seconds (10.101#12.26)