Ciri-Ciri Ban Tubeless yang Aman dan Enak Dipakai Harian

Minggu, 04 Juli 2021 - 00:06 WIB
loading...
Ciri-Ciri Ban Tubeless yang Aman dan Enak Dipakai Harian
Ilustrasi ban mobil. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Ban merupakan salah satu komponen di kendaraan yang selalui bersinggungan dengan jalan. Untuk itu, memilih ban tidak boleh sembarangan, mengingat risiko yang bisa ditimbulkan jika salah pilih.

Misalnya, ban tubeless yang sering kali dianggap sebagai solusi paling tepat. Meski begitu, tetap tidak bisa asal memilih ban tubeless. BACA JUGA - Keadaan Bumi Genting, Ini Penjelasan WMO Soal Suhu Panas di Antarti ka

Tidak semua ban tubeless yang beredar di pasaran memiliki kualitas baik. Berikut ciri-ciri ban tubeless berkualitas, dilansir dari laman Auto2000, Sabtu (3/7/2021).

1. Memiliki ketebalan yang pas

Ciri pertama bisa dilihat dari tingkat ketebalan ban. Tiap pabrikan ban memproduksi ban tubeless dengan ukuran yang variatif, mengikuti permintaan pasar.

Pada mobil, sebaiknya pilih ban tubeless dengan tingkat ketebalan 50. Tingkatan ini memiliki keseimbangan yang baik untuk mobil, terutama city car atau mobil penumpang kecil.

Ban dengan keseimbangan yang baik akan menunjang performa kendaraan. Laju kendaraan akan lebih mulus jika menggunakan ban yang seimbang.

2. Tahun produksi masih baru

Indikator lainnya adalah tahun produksinya. Idealnya, ban yang lebih baru memiliki kualitas relatif lebih baik. Artinya, semakin dini tahun produksi ban, maka semakin bagus kualitasnya.

Sebab, ban yang sudah lama dibuat akan menurun kualitasnya. Proses penyimpanan berisiko membuat ban berubah bentuk atau bahkan rusak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1970 seconds (0.1#10.140)