Perhatikan Hal ini agar Speedometer Mobil Anda Tidak Cepat Rusak

Minggu, 04 Juli 2021 - 16:03 WIB
loading...
Perhatikan Hal ini agar Speedometer Mobil Anda Tidak Cepat Rusak
Speedometer berhubungan erat dengan performa mobil. Foto/dok
JAKARTA - Speedometer sudah menjadi komponen paling familiar juga penting di dalam sebuah kendaraan. Sebab, speedometer berhubungan erat dengan performa mobil.

Speedometer memuat beberapa indikator yang menunjukkan kondisi mesin mobil Anda, baik saat mobil dalam kondisi diam maupun saat sedang melaju. Posisinya yang berada di balik roda kemudi (steering wheel) memudahkan Anda sebagai pengemudi untuk mengetahui informasi tersebut.

BACA: 5 Dampak Langsung yang Akan Dirasakan Saat Angkat Beban Berat

Untuk jenisnya, sekarang ini ada banyak sekali jenis speedometer mobil yang beredar di pasaran. Jenis paling umum adalah speedometer yang menyatu dengan interior mobil.



Ada juga yang terpisah dari interior mobil, biasanya model ini ditemukan pada mobil-mobil sport. Speedometer jenis terpisah biasanya memuat lebih banyak informasi mengingat rangkaian komponen pada mobil sport yang memang lebih kompleks.

Pada dasarnya, speedometer mobil bukanlah komponen yang sensitif atau mudah rusak. Kendati demikian, bukan berarti bisa menggunakannya secara sembarangan.

Mengutip laman Auto2000, Minggu (4/7/2021) berikut adalah beberapa tips perawatan speedometer mobil untuk menjaga fungsi speedometer tetap optimal.

1. Bersihkan speedometer secara rutin

Saat sedang mencuci mobil, sebaiknya speedometer pun ikut dibersihkan. Tidak perlu mengguyur speedometer dengan air, cukup bersihkan dengan lap mikrofiber basah dan kemudian keringkan menggunakan lap bersih. Langkah ini dapat mencegah tumbuhnya jamur yang bisa berisiko merusak tampilan dan fungsi speedometer mobil.

2. Jauhkan speedometer mobil dari air



Air yang merembes ke dalam speedometer bisa berpotensi menimbulkan korsleting. Karenanya, segera keringkan speedometer dengan lap bersih jika terdapat genangan air.

BACA JUGA: Gawat, Suhu Benua Es Antartika Catatkan Rekor Tertinggi

3. Jangan biarkan Speedometer terkena sinar matahari secara langsung

Saat memarkirkan mobil, usahakan untuk memilih lokasi yang teduh. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menutup speedometer dengan cover khusus. Ini karena sinar matahari bisa merusak warna cat yang menempel pada speedometer.

4. Jauhkan speedometer mobil dari medan magnet kuat

Medan magnet bisa mempengaruhi kinerja dan fungsi speedometer. Kontak dalam jangka waktu lama dengan medan magnet bahkan bisa merusak instrumen ukur dalam speedometer mobil.
(ysw)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE