Perhatikan Hal ini agar Speedometer Mobil Anda Tidak Cepat Rusak

Minggu, 04 Juli 2021 - 16:03 WIB
loading...
Perhatikan Hal ini agar Speedometer Mobil Anda Tidak Cepat Rusak
Speedometer berhubungan erat dengan performa mobil. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Speedometer sudah menjadi komponen paling familiar juga penting di dalam sebuah kendaraan. Sebab, speedometer berhubungan erat dengan performa mobil.

Speedometer memuat beberapa indikator yang menunjukkan kondisi mesin mobil Anda, baik saat mobil dalam kondisi diam maupun saat sedang melaju. Posisinya yang berada di balik roda kemudi (steering wheel) memudahkan Anda sebagai pengemudi untuk mengetahui informasi tersebut.



Untuk jenisnya, sekarang ini ada banyak sekali jenis speedometer mobil yang beredar di pasaran. Jenis paling umum adalah speedometer yang menyatu dengan interior mobil.

Ada juga yang terpisah dari interior mobil, biasanya model ini ditemukan pada mobil-mobil sport. Speedometer jenis terpisah biasanya memuat lebih banyak informasi mengingat rangkaian komponen pada mobil sport yang memang lebih kompleks.

Pada dasarnya, speedometer mobil bukanlah komponen yang sensitif atau mudah rusak. Kendati demikian, bukan berarti bisa menggunakannya secara sembarangan.

Mengutip laman Auto2000, Minggu (4/7/2021) berikut adalah beberapa tips perawatan speedometer mobil untuk menjaga fungsi speedometer tetap optimal.

1. Bersihkan speedometer secara rutin

Saat sedang mencuci mobil, sebaiknya speedometer pun ikut dibersihkan. Tidak perlu mengguyur speedometer dengan air, cukup bersihkan dengan lap mikrofiber basah dan kemudian keringkan menggunakan lap bersih. Langkah ini dapat mencegah tumbuhnya jamur yang bisa berisiko merusak tampilan dan fungsi speedometer mobil.

2. Jauhkan speedometer mobil dari air
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1934 seconds (0.1#10.140)