Bengkel Tutup karena PPKM, Ini Tips Ganti Oli Motor di Rumah Cuma 5 Menit

Senin, 12 Juli 2021 - 15:07 WIB
loading...
Bengkel Tutup karena PPKM, Ini Tips Ganti Oli Motor di Rumah Cuma 5 Menit
Mengganti oli secara berkala ternyata bisa dilakukan di rumah tanpa mesti ke bengkel. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Mengganti oli secara berkala ternyata bisa dilakukan di rumah tanpa mesti ke bengkel. Mekanisme dan tahap-tahapannya juga tidak sulit, bahkan hanya butuh waktu 5 menit saja.

Hal ini tentunya lebih dapat menghemat biaya, motor menjadi lebih awet dan mendukung kegiatan pemerintah selama PPKM Darurat untuk tetap di rumah menjaga diri dan mengurangi akivitas di luar rumah untuk memutus rantai penularan COVID-19.



Dengan di dukung peralatan yang sederhana, berikut ini dirangkum dari beberapa sumber (12/07/2021), mengenai tips dan cara ganti oli motor di rumah:

1. Persiapkan alat-alat

Pertama pastinya dalam mengganti oli moto r Anda membutuhkan sebuah alat. Alat tersebut dapat berupa corong oli, wadah penampung oli bekas, kunci ring, tang, dan oli baru yang akan digunakan

Kunci ring pastinya terdapat ukuran yang berbeda –beda sesuai dengan spesifikasi motor Anda. Gunakan kunci ring 12 dan 17 untuk motor dengan spesifikasi matik. Sementara untuk motor gede 150 cc cukup gunakan kunci ring ukuran 19.

2. Ganti oli dalam keadaan mesin hangat

Pastikan untuk mengganti mesin dalam keadaan mesin hangat. Hidupkan motor sekitar 1-3 menit lalu matikan. Menjadi catatan penting adalah hindari penggantian oli saat mesin panas karena akan menyulitkan untuk membuka baut oli. Jika dipaksakan maka yang terjadi baut tersebut akan rusak.

Mengganti oli mesin dalam keadaan panas tentunya berbahaya untuk Anda. Sebab suhu oli yang keluar dalam keadaan panas akan membakar kulit kita jika langsung terkena tangan. Lalu mesin dalam keadaan panas juga membutuhkan waktu lama untuk semua cairan oli turun dan keluar secara full.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1231 seconds (0.1#10.140)