2050 Yamaha Jadi Perusahaan Bebas Karbon, Motor Bensin Dikurangi

Rabu, 21 Juli 2021 - 12:33 WIB
loading...
2050 Yamaha Jadi Perusahaan Bebas Karbon, Motor Bensin Dikurangi
Yamaha siap fokus pada produksi motor listrik sebagai strategi baru di masa depan. Foto/IST
JEPANG - Yamaha Motor Companybaru-baru ini merilis komitmen mewujudkan perusahaan bebas karbon atau karbon netral pada 2050. Berdasarkan komitmen tersebut seluruh aktivitas Yamaha mulai dari kegiatan bisnis, kegiatan produksi dan rantai bisnis Yamaha harus mampu menekan jumlah emisi yang dikeluarkan dalam setiap kegiatan bisnis mereka.

Salah satu fokus yang paling diupayakan oleh Yamaha, dalam memenuhi komitmen itu, adalah membuat berbagai produk yang bebas karbon tidak hanya motor tapi juga mesin, ATV, perahu dan produk lainnya yang ada di porto folio Yamaha. Lini bisnis ini diyakini Yamaha merupakan penghambat terbesar dari komitmen bebas karbon. Pasalnya emisi yang dihasilkan oleh produk Yamaha seperti motor dan mesin sangat besar.

Baca juga : Lucu, Hal-hal Konyol yang Dilakukan Jeff Bezos Cs Saat di Luar Angkasa

Untuk itu Yamaha berencana untuk melanjutkan rencana dan strategi pengembangan pembuatan kendaraan listri seperti motor listrik, skuter listrik dan e-bikes. Modal untuk itu sebenarnya sudah ada, mengingat Yamaha sudah lama membuat e-bikes sejak 1980. Saat ini mereka juga sudah mengembangkan motor listrik berikut teknologinya.



Salah satu teknologi motor listrik yang sudah digunakan adalah teknologi Leaning Multi-Wheel yang ada di Yamaha Niken dan Yamaha Tricity 300. Ke depannya Yamaha akan semakin masif memproduksi motor listrik agar komitmen bebas karbon itu tercapai.

2050 Yamaha Jadi Perusahaan Bebas Karbon, Motor Bensin Dikurangi


Situs Rideapart mengatakan, Yamaha akan mengalihkan produksi motor konvensional mereka ke motor listrik. Meski tidak menyuntik mati motor konvensional, produksi motor listrik akan mencapai 90 persen pada 2050 nanti.

Baca juga : Paling Laris, Lamborghini Urus Capai Produksi 15.000 Unit

Keinginan itu akan dimulai tentunya dengan memproduksi motor listrik. Untuk menjembatani peralihan antara motor listrik dan motor konvensional, Yamaha akan berupaya menyiapkan bahan bakar karbon netral atau bebas emisi yang akan digunakan oleh motor-motor konvensional Yamaha. Penggunaan bahan bakar karbon netral itu rencananya akan dilakukan pada 2035.

Langkah-langkah itu terungkap dalam Yamaha Integrated Report 2021 dimana dalam laporan bertajuk Pursuit of Sustainable Growth. Dalam laporan itu juga Yamaha mengatakan motor konvensional sama sekali tidak akan ditinggalkan. Hanya saja peranannya akan jauh lebih kecil.



"Mentransformasi motor dan motor roda tiga menjadi kendaraan karbon netral adalah salah satu bentuk elektrifikasi. Cara ini yang akan membuat motor akan diterima dengna baik oleh generasi-generasi baru. Lewat motor-motor ini juga Yamaha akan menghadirkan motor bebas emisi yang benar-benar baru," tulis Yamaha dikutip Ride Apart.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE