Kecewa Tak Ada Suara, Pemilik Tesla Model S Plaid Bikin Suara Buatan

Senin, 26 Juli 2021 - 20:00 WIB
loading...
Kecewa Tak Ada Suara, Pemilik Tesla Model S Plaid Bikin Suara Buatan
Tesla Model S Plaid saat ini merupakan mobil listrik paling kencang di dunia karena berakselerasi dari diam hingga 90 kilometer per jam dalam waktu 1,9 detik. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Mobil listrik identik dengan senyap. Pasalnya energi listrik yang menggerakkan mobil sama sekali tidak mengeluarkan suara. Hal itulah yang membuat Brooks Weisblat sangat kecewa dengan mobil listrik Tesla Model S Plaid yang baru saja dia miliki.

Brooks Weisblat, yang juga seorang konten kreator itu memang layak kecewa dengan ketiadaan suara yang dimiliki Tesla Model S Plaid. Jangankan suara, knalpot saja Tesla Model S Plaid tidak punya.

Padahal Tesla Model S Plaid adalah mobil Tesla yang paling sensasional dari segi tenaga. Mobil listrik buatan Elon Musk itu memiliki tenaga 1.020 daya kuda dan mampu mengasapi motor sport bertenaga besar lainnya mulai dari Lamborghini hingga Ferrari karena mampu berakselerasi dari diam hingga 90 kilometer per jam dalam waktu 1,9 detik.

Kecewa Tak Ada Suara, Pemilik Tesla Model S Plaid Bikin Suara Buatan




Kekurangannya cuma satu Tesla Model S Plaid tidak memiliki suara knalpot yang memesona seperti halnya Ferrari dan Lamborghini. "Banyak yang kecewa dengan mengatakan mobil ini tidak punya jiwa. Sama aja seperti mobil remote control," kata Brooks Weisblat.

Tidak kekurangan akal, Brooks Weisblat kemudian mencoba mengatasi kekurangan tersebut dengan memanfaatkan fitur yang sudah ada di Tesla Model S Plaid yakni Boombox. Fitur Boombox sendiri berupa pemberian suara artifisial untuk mobil-mobil buatan Tesla.



Lewat fitur tersebut mobil-mobil Tesla bisa mengeluarkan suara dengan memanfaatkan beberapa speaker berkualitas tinggi yang dipasang di badan mobil Tesla. Hanya saja memang opsi suara yang diberikan oleh Tesla hanya sebatas suara-suara standar dan aneh seperti suara kambing.



Setelah diperiksa Brooks Weisblat, ternyata Tesla memberikan kemudahan bagi pemilik mobil mereka untuk menambah suara atau soundtrack buatan mereka sendiri. Hal itu cukup mudah dilakukan dengan menyimpan suara atau soundtrack yang dimau kemudian tinggal dicolok ke slot USB yang ada di head unit Tesla Model S Plaid.

Dalam hal ini Brooks Weisblat membuat suara artifisial dari Dodge Charger Hellcat. Suara buatan itu kemudian dia masukkan melalui USB dan disimpan ke fitur Boombox. Alhasil Tesla Model S Plaid miliknya kini sama gaharnya seperti muscle car asli Amerika Serikat itu.

"Sangat mudah melakukannya, kamu tinggal pilih sendiri. Mau Lamborghini, Ford GT dan mobil lainnya," ujar Brooks Weisblat.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3000 seconds (0.1#10.140)