Tesla Model S Plaid Siap Pecahkan Rekor Mobil Sedan Terkencang di Nurburgring

Selasa, 27 Juli 2021 - 16:00 WIB
loading...
Tesla Model S Plaid Siap Pecahkan Rekor Mobil Sedan Terkencang di Nurburgring
Tesla Model S Plaid yang berupaya memecahkan rekor Sirkuit Nurbugring tampil dengan kondisi yang sangat biasa untuk sebuah upaya besar. Foto/Motorauthority.
A A A
JERMAN - CEO Tesla Elon Musk ternyata punya banyak ambisi setelah berhasil meluncurkan mobil listrik Tesla Model S Plaid. Salah satunya yang tengah dibidik adalah memecahkan rekor mobil sedan 4 pintu terkencang di sirkuit legendaris, Nurburgring, Jerman.

Dalam wawancaranya dengan Joe Rogan, Elon Musk mengatakan Tesla Model S Plaid memiliki modal yang sangat besar untuk jadi sedan 4 pintu terkencang di Nurburgring. Pasalnya setahun yang lalu, mereka pernah mengujicoba prototipe Tesla Model S Plaid di sirkuit yang memiliki julukan Neraka Hijau atau Green Hell itu.



Saat itu pengemudi Tesla Model S Plaid Thomas Mutch berhasil memacu mobil listrik itu mengelilingi Sirkuit Nurburgring dengan waktu 7 menit 13 detik. Catatan itu cukup impresif mengingat Tesla Model S Plaid masih dalam bentuk purwarupa, bukan bentuk produk jadi.

"Kami bisa mencapai waktu itu tanpa perbaikan yang telah kami lakukan sekarang. Sangat yakin sekali kami bisa memecahkan rekor sebelumnya," ucap Elon Musk.

Tesla Model S Plaid Siap Pecahkan Rekor Mobil Sedan Terkencang di Nurburgring


Diketahui, saat ini pemegang rekor sedan empat pintu terkencang di Sirkuit Nurburgring adalah mobil buatan Inggris, Jaguar XE SV Project 8 dengan catatan waktu 7 menit 18,3 detik. Catatan waktu itu sebenarnya sudah dikalahkan oleh Tesla Model S Plaid dalam uji coba sebelumnnya. Hanya saja Sirkuit Nurburgring tidak mencatat karena upaya itu masih dalam tahapan uji coba.

Kenapa tidak masuk ke kategori mobil listrik? Menurut Elon Musk catatan rekor mobil listrik di sirkuit sudah terlampaui. Porsche Taycan Turbo yang mencatatkan waktu 7 menit 42 detik terlihat sangat lambat dengan waktu uji coba yang diraih Tesla Model S Plaid.

Hal inilah yang membuat Elon Musk sangat percaya diri membawa Tesla Model S Plaid kembali mengitari Sirkuit Nurbugring. Pasalnya Tesla Model S Plaid sudah hadir dalam bentuk final.



Tenaga maksimalnya mencapai 1.020 daya kuda alias setara dengan mobil-mobil hyper yang ada saat ini. Selain itu Tesla Model S Plaid juga dilengkapi dengan fitur teknologi kombinasi dua motor listrik dengan Two Torque-vectoring dan satu motor listrik tanpa Torque Vectoring.

Saat ini mobil Tesla Model S Plaid itu diketahui sudah berada di Jerman untuk langsung melakukan upaya pemecahan rekor. Disebutkan Motor Authority mobil tersebut tampil dengan dandanan yang tidak terlalu heboh untuk sebuah mobil yang berupaya jadi mobil sedan 4 pintu terkencang di Sirkuit Nurbugring.

Tesla hanya memasang roll cage di bagian dalam mobil untuk melindungi pengemudi. Selebihnya di bagian eksterior mereka menggunakan ban berukuran 21 inci dari Arachnid, kaliper rem performa tinggi dan velg khusus tanpa branding merek.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)