Ashirase, Startup Bikinan Honda yang Memproduksi Sepatu GPS untuk Tunanetra

Kamis, 29 Juli 2021 - 17:40 WIB
loading...
Ashirase, Startup Bikinan Honda yang Memproduksi Sepatu GPS untuk Tunanetra
Ashirase, Inc. sedang mengembangkan sistem navigasi di dalam sepatu untuk mendukung tunanetra ketika berjalan kaki. Foto: dok Honda
A A A
JEPANG - Ashirase, Inc. adalah startup yang didirikan oleh Honda Motor Co untuk tujuan khusus. Yakni, membantu penyandang tunanetra untuk bisa berjalan kaki dengan lebih aman.

Startup tersebut mengembangkan sistem navigasi di dalam sepatu. Sistem navigasi ini yang akan membantu tunanetra berjalan kaki. Sistem navigasi sepatu tersebut rencananya akan mulai dijual pada 31 Maret 2023.



Ashirase sendiri merupakan sistem navigasi dari sebuah aplikasi smartphone dan perangkat getaran 3D, termasuk sensor gerak yang terpasang di dalam sepatu.

Cara kerja sistem ini adalah, ketika rute diatur dengan aplikasi, perangkat akan bergetar untuk menyediakan navigasi.

Saat penggunanya harus berjalan lurus, perangkat getaran yang berada di bagian depan kaki akan bergetar dan ketika penggunanya mendekati belokan kanan atau kiri.

Perangkat getaran di sisi kanan atau kiri akan bergetar untuk memberi instruksi kepada penggunanya.

Navigasi yang disediakan oleh Ashirase memungkinkan pengguna berjalan lebih aman. Sebab, dengan penglihatan yang terbatas, para tunanetra sering menghadapi masalah seperti tersesat dan jatuh.

Ashirase, Startup Bikinan Honda yang Memproduksi Sepatu GPS untuk Tunanetra

Wataru Chino, Representative Director of Ashirase, Inc. mengatakan bahwa kecelakaan yang dialami oleh salah satu anggota keluarganya memotivasi dirinya untuk membuat solusi yang lebih aman bagi penyandang tunanetra.

”Saya yakin bahwa kami akan menghadapi banyak kendala saat proses pengembangan hingga peluncuran Ashirase,” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2532 seconds (0.1#10.140)