5 Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 22:22 WIB
loading...
5 Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar
Ilustarasi mesin mobil . FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Jika jarang dirawat, terkadang mesin pada mobil bisa mengeluarkan suara kasar saat digas. Suaranya terdengar seperti berisik, mirip suara gerungan atau gesekan komponen besi.

Bahkan, saat mobil sudah melaju pun suara berisik ini tetap terdengar setiap menginjak pedal gas. Jika begini, pengemudi sebaiknya segera mencari tahu penyebabnya dan melakukan perbaikan. BACA JUGA - Ilmuwan China Pastikan Umat Manusia Akan Berdampingan dengan Covid-19 Selamanya

Berikut ini 5 penyebab suara mesin mobil kasar, dilansir dari Auto2000, Jumat (20/8/2021).

1. Kompresor AC mobil

Suara mobil kasar saat digas, entah itu ketika pertama kali dinyalakan atau saat kondisinya sudah dijalankan, bisa berasal dari kompresor AC mobil.

Kompresor AC mobil kurang oli biasanya menimbulkan suara berisik. Selain oli biasanya dikarnakan banyaknya kotoran yang menyumbat bagian dalam.

Kalau memang sudah lama tidak cek bagian AC, segeralah lakukan flushing dan pembongkaran untuk melihat kondisi komponen di dalamnya.

2. Oli pada mesin

Selain oli pada kompresor, oli mesin juga wajib dicek. Pengecekan perlu dilakukan secara berkala untuk memastikan jumlah oli cukup tersedia dan kondisinya masih baik. Oli yang sudah menipis atau kondisinya sudah jelek tidak akan melumasi mesin secara sempurna.

Alhasil, suara kasar dari mesin pun akan muncul ketika dinyalakan. Ciri utamanya adalah bunyi kasar gesekan komponen yang terdengar dari bagian atas pengaturan katup. Kalau sudah begini, segeralah ke bengkel agar bagian mesin lain tidak ikut rusak.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1193 seconds (10.101#12.26)