Lebih dari 111.000 Land Rover kena Recall karena Flensa Tangki Bahan Bakar Bisa Retak

Selasa, 24 Agustus 2021 - 13:01 WIB
loading...
Lebih dari 111.000 Land Rover kena Recall karena Flensa Tangki Bahan Bakar Bisa Retak
Recall dilakukan terhadap lebih dari 111.000 unit mobil Land Rover karena potensi terbakar akibat keretakan flensa tangki bahan bakar. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Sebanyak lebih dari 111.000 unit Land Rover kena recall karena adanya potensi retakan yang terjadi di flensa atau adaptor tangki bahan bakar. Dilaporkan Carscoops retaknya tangki bahan bakar itu akan membuat bahan bakar seperti bensin dan solar merembes dan bisa berpotensi terjadinya kebakaran.

Unit yang dikenakan penarikan kembali menurut Jaguar Land Rover dalam keterangan resmi mereka adalah Range Rover Sport tahun produksi 2010-2013, Land Rover LR4 tahun produksi 2016 dengan mesin V8 5,0 liter dan V6 3,0 liter. Detilnya sebanyak 55.555 unit Land Rover LR4 dan 56.191 Range Rover Sport harus segera kembali ke bengkel Jaguar Land Rover untuk mendapatkan penggantian flensa tangki bahan bakar.



Penarikan kembali itu diketahui terjadi karena adanya komplain dari 6 konsumen yang mengeluh terjadinya retakan pada flensa tangki bahan bakar. Setelah diselidiki ternyata Jaguar Land Rover telah menerima 600 unit penggantian spraepart di bagian yang sama melalui skema garansi. Setelah ditindaklanjuti ternyata mereka memang mendapati adanya potensi keretakan di flensa tangki bahan bakar.

Lebih dari 111.000 Land Rover kena Recall karena Flensa Tangki Bahan Bakar Bisa Retak


Menurut Jaguar Land Rover pemilik kendaraan yang terkena dampak dapat mendeteksi kerusakan melalui bau bahan bakar dan gas di tanah. Selain itu apabila terjadi keretakan akan muncul lampu indikator Kerusakan berwarna kuning pada kluster instrumen mobil. Dikhawatirkan jika tidak segera diperbaiki atau diganti kebocoran itu akan memicu kebakaran apabila dekat dengan sumber pengapian.



Proses recall sendiri akan dilangsungkan pada 26 Agustus hingga 8 Oktober. Pemilik mobil diharapkan datang ke bengkel resmi Land Rover terdekat untuk mengganti flensa outlet bahan bakar dengan yang baru dengan desain yang direvisi. Perbaikan akan dilakukan secara gratis. Apabila pemilik telah melakukan penggantian dan telah membayar sebelum proses recall berjalan, maka biaya penggantian akan dibayarkan kembali oleh Jaguar Land Rover.

Tidak disebutkan oleh Jaguar Land Rover apakah proses recall terjadi pada model yang sama yang dijual di pasar global seperti d Indonesia. Hanya saja apabila Anda memiliki unit yang sama dan tahun produksi yang identik, sebaiknya segera datangi bengkel resmi Jaguar Land Rover untuk melakukan penggantian.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1967 seconds (0.1#10.140)