3 Kebiasaan Buruk Menggunakan Motor yang Harus Dihindari

Rabu, 01 September 2021 - 20:36 WIB
loading...
3 Kebiasaan Buruk Menggunakan Motor yang Harus Dihindari
Banyak kebiasaan buruk yang jadi terasa normal, padahal dalam jangka panjang bisa berdampak pada keamanan dan juga komponen motor. Foto: dok Suzuki
A A A
JAKARTA - Selama berkendara, kemungkinan ada beberapa kebiasaan buruk yang dilakukan tanpa sadari. Salah satu contohnya adalah membawa banyak barang agar tidak bolak balik. Namun, cara tersebut salah karena akan merusak mesin motor.

Untuk itu, pahami dan coba hilangkan 3 kebiasaan buruk ini saat menggunakan motor, sebagai salah satu upaya merawat motor agar awet dan performanya tetap terjaga, dilansir dari laman Suzuki, Rabu (1/9).



• Selalu meletakkan jari pada tuas rem

Jika melihat pengemudi motor lainnya pasti banyak yang memiliki kebiasaan ini. Banyak orang menganggap bahwa meletakkan jari di tuas rem akan membuat mereka lebih sigap untuk melakukan pengereman mendadak.

Sayangnya kebiasaan ini justru tidak baik karena pengereman mendadak apalagi posisi motor masih kencang bisa menimbulkan selip. Tak hanya itu, tetapi juga bisa membuat kecelakaan beruntun.

Jadi supaya aman sebaiknya tidak selalu meletakkan jari pada tuas rem. Dengan begitu pengereman justru bekerja lebih efektif.

• Mematikan mesin dengan fitur side stand switch

Beberapa motor matik kini dilengkapi dengan fitur side stand switch yang fungsinya agar motor tidak menyala ketika standar samping digunakan. Kesalahan fatal justru terjadi dengan banyak orang memanfaatkan untuk mematikan mesin motor.

Padahal mesin memang mati, namun beberapa fitur lain seperti speedometer, lampu depan dan belakang belum mati. Di mana akibatnya adalah menghabiskan terlalu banyak daya aki.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2040 seconds (0.1#10.140)