Tanda-Tanda V Belt Mobil harus Segera Diganti Biar Tak Mogok di Jalan

Selasa, 14 September 2021 - 18:22 WIB
loading...
Tanda-Tanda V Belt Mobil harus Segera Diganti Biar Tak Mogok di Jalan
Tanda-Tanda V Belt Mobil harus untuk menghindari kerusakan yang lebih parah. FOTO/ IST
JAKARTA - V Belt merupakan komponen yang mempunyai peran penting pada mesin mobil . Komponen yang satu ini terhubung dengan beberapa komponen lain, seperti AC dan water pump.

Fungsi ring piston dan pergerakan katup diatur juga dengan V belt yang berfungsi sebagai transimisi penggerak. Jadi, jika tidak mengganti V Belt saat rusak hanya akan menimbulkan kerusakan yang lebih parah pada mesin mobil.

V Belt terpasang pada sebuah poros, tepatnya poros bubungan atau camshaft dan sebuah katup (valve) yang terhubung dengan ruang pembakaran. Dengan V Belt, maka katup pun dapat membuka dan menutup seiring dengan pergerakan poros.

Tanpa adanya V Belt, katup tidak dapat bergerak sesuai dengan timing. Lebih parah lagi, katup akan bertabrakan dengan piston.



Tabrakan ini akan menimbulkan kerusakan yang fatal karena dapat merusak komponen internal pada mesin. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika mobil akan mengalami turun mesin.

Mengingat perannya yang begitu krusial, maka sebaiknya dapat mengenali tanda-tanda V Belt harus diganti segera. Jika dibiarkan begitu saja, bisa-bisa van belt dapat putus di tengah jalan.

Melansir dari laman Auto2000, Selasa (14/9/2021), waktu penggantian V Belt yang disarankan adalah setiap jarak tempuh menginjak angka 20.000 hingga 40.000 km.

Meski begitu, ada beberapa kondisi V belt yang membuat harus segera mengganti komponen tersebut meski jarak tempuh belum mencapai 20.000 hingga 40.000 km.

Berikut ini tanda-tanda V-Belt harus diganti segera.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE