Auto Lock Mobil Tidak Berfungsi, Kenali Penyebab dan Solusinya

Sabtu, 18 September 2021 - 19:00 WIB
loading...
Auto Lock Mobil Tidak Berfungsi, Kenali Penyebab dan Solusinya
Jangan khawatir jika Auto Lock tiba-tiba tidak berfungsi karena solusinya cukup praktis. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Adakalanya fitur auto lock pada mobil tiba-tiba tidak berfungsi. Umumnya fitur auto lock gagal berfungsi karena kebiasaan pengemudi yang lebih suka membuka kunci pintu dari tuas manual.

Gambarannya, ketika ada penumpang yang ingin keluar dari kendaraan, biasanya pengemudi membuka kunci secara manual dari pintu di sampingnya. Cara ini justru merugikan karena dengan begitu semua kunci pintu akan terbuka.

Masalahnya adalah fungsi otomatis dan manual saling berkesinambungan melalui sling kawat. Jika hal itu kebiasan itu sering terjadi maka bisa terjadi masalah dimana fungsi otomatis pengunci dan pembuka pintu terpaksa mendorong seling kawat ke motor central lock pintu. Padahal motor sama sekali tidak bergerak.



Jika dilakukan secara terus menerus, maka seiring berjalannya waktu kawat sling menjadi jenuh hingga bisa patah. Seperti kawat yang dibengkokkan berulang-ulang.

Tapi jangan khawatir, mengutip laman Auto2000 , Sabtu (18/9/2021), ada beberapa langkah praktis jika hal itu terjadi. Berikut beberapa langkah yang diperlukan jika auto lock di mobil tidak berfungsi:

1. Periksa kawat penghubung

Buka doortrim pintu yang fungsi auto lock-nya tidak berfungsi. Kemudian periksa bagian kawat penghubung motor penggerak dan juga tuas penutup pintu.

2. Temukan letak kawat putus

Jika peyebabnya adalah kawat putus, coba ganti dengan yang baru. Proses penggantian ini bisa Anda lakukan sendiri. Untuk mencari jenis yang pas, bawa saja kawat putus tersebut ke toko peralatan mobil.

3. Kawat putus di ujung

Kalau penyebabnya dikarenakan ujung kawat putus, Anda tinggal mengulur sedikit sisi lainnya. Hal ini dilakukan agar sling kawat yang putus bisa kembali diikatkan ke baut.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1168 seconds (0.1#10.140)