Lamborghini Habiskan Waktu 25.000 Jam untuk Restorasi Mobil Klasik

Senin, 04 Oktober 2021 - 22:00 WIB
loading...
Lamborghini Habiskan Waktu 25.000 Jam untuk Restorasi Mobil Klasik
Lamborghini Countach LP 500 merupakan cikal bakal pembuatan mobil sport legendaris Lamborghini Countach LP 800. Foto/Netcarshow.
A A A
BOLOGNA - Divisi khusus restorasi Lamborghini klasik, Polo Storico, berhasil membangkitkan kembali mobil sport klasik kebanggaan mereka, Lamborghini Countach LP500. Tidak main-main dibututuhkan waktu 25.000 jam untuk menyalakan kembali mesin dan menghadirkan lagi body mulus mobil konsep yang dirilis pada tahun 1971 itu.

Diketahui sebelum merilis Lamborghini Countach sebagai mobil produksi massal pada tahun 1974, Lamborghini terlebih dulu membuat mobil purwarupa dengan nama Lamborghini Countach LP 500.

Sebagai mobil konsep Lamborghini Countach LP 500 memang sangat berbeda dengan mobil yang diproduksi massal yang kemudian dirilis pada 1974. Pertama platform mobil ini menggunakan frame bukan tubular seperti yang ada di mobil produksi massal. Kedua mobil konsep itu menggendong mesin 12 silinder dengan kapasitas 4.971 cc.

Lamborghini Habiskan Waktu 25.000 Jam untuk Restorasi Mobil Klasik


Saat itu baru Lamborghini yang bisa membuat mesin sebesar itu dan dicangkokkan ke dalam mobil. Layaknya mobil konsep, bagian interior Lamborghini Countach LP 500 sangat canggih berkat instrumen elektronis terkini di masanya.

Baca juga : Trailer Film Baru Ksatria Baja Hitam Bikin Heboh, Ini Motor Baru Sang Jagoan

Sayang mobil tersebut akhirnya bernasib naas. Pasalnya Lamborghini menggunakan mobil itu untuk mengikuti uji tabrak sebagai syarat pembuat mobil produksi massal. Saat itu Lamborghini Countach LP 500 hancur berantakan. Mobil itu pun kemudian dihancurkan karena memang tidak lagi digunakan.

Lamborghini Habiskan Waktu 25.000 Jam untuk Restorasi Mobil Klasik


Kini Lamborghini berupaya mengingat kembali 5 dekade peristiwa tersebut dengan menghadirkan kembali Lamborghini Countach LP 500. Untuk mewujudkannya Polo Storico mengadakan kerja sama intens dengan divisi desain Lamborghini, Centro Stille.

Berbeda dengan dulu, proses restorasi mengandalkan teknologi terkini. Mereka berupaya menghadirkan mobil itu dengan teknologi pemindaian komputer dan foto komputer. Selain itu mereka juga mempelajari seluruh dokumen asli saat proses pembuatan Lamborghini Countach LP 500 dilakukan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1566 seconds (10.177#12.26)