Kejutan! Diam-Diam Honda Sudah Kalahkan Tesla

Selasa, 12 Oktober 2021 - 15:00 WIB
loading...
Kejutan! Diam-Diam Honda Sudah Kalahkan Tesla
Mobil Honda Legend yang digunakan oleh Honda untuk riset mobil otonom sudah mencapai Level 4. Foto/Honda.
JAKARTA - Diam-diam pabrikan mobil Jepang Honda sudah menjalani tes mobil otonom level 4. Hal ini semakin membuat Honda menjauh dari Tesla yang hanya masih uji coba mobil otonom level 2.

Capaian Honda di teknologi mobil otonom memang tidak bisa dianggap enteng. Saat pabrikan mobil lainnya sedang heboh berupaya mengaplikasikan teknologi mobil otonom level 2, Honda justru langsung meluncurkan mobil yang sudah resmi mengadopsi Level 3. Mobil tersebut tak lain adalah Honda Legend Hybrid EX yang sudah dijual bebas di pasar Jepang hingga kini.

Sekarang Honda makin berlari jauh karena dilaporkan Carbuzz di ajang Intelligent Transport System World Congress di Jerman baru-baru ini, Honda justru memamerkan mobil yang sudah dilengkapi dengan teknologi otonom Level 4.

Baca juga : Sama-sama Terinspirasi Huruf X, Ini Adu Ganteng Mitsubishi Pajero Sport dengan Mobil China



Kejutan! Diam-Diam Honda Sudah Kalahkan Tesla


Di ajang itu 4 unit Honda Legend , yang digunakan untuk riset teknologi otonom Level 3 dan Level 4 menunjukkan kemampuan mereka berjalan sendiri tanpa bantuan pengemudi. Honda bahkan mengklaim sebelum dibawa ke pameran keempat mobil tersebut sudah menempuh jarak 25.900 kilometer untuk test teknologi mobil otonom level 3. Selain itu keempat mobil uuga sukses mengaplikasikan teknologi mobil otonom level 4 di jalan bebas hambatan dan kemacetan.

Honda mengatakan teknologi mobil otonom level 4 yang mereka coba merupakan dua metode berkendara otonom yakni Traffic Jam Chauffeur dan Motorway Chaeuffeur. Dari dua metode tersebut mobil otonom level 4 milik Honda bisa berjalan sendiri saat terjebak kemacetan tanpa harus dikendalikan oleh pengemudi. Begitu juga ketika berada di jalan bebas hambatan, pengemudi mobil Honda itu tinggal menyerahkan sepenuhnya kendali pada mobil.

Baca juga : Fitur Canggih di Mobil Banyak Tidak Digunakan Pengguna

Berbeda dengan teknologi mobil otonom level 3 yang butuh perhatian pengemudi, teknologi mobil otonom level 4 diklaim mampu mengatasi gangguan atau hambatan yang ditemukan saat berjalan. Jadi pengemudi sama sekali tidak perlu mengintervensi laju mobil.

"Kami melihat teknologi mobil otonom adalah bagian dari teknologi keamanan canggih yang dimiliki Honda. Lewat teknologi itu kami berupaya menekan tingkat kecelakaan di jalan dan meningkatkan standar keamanan yang ada," ujar Dr. Robert Kastner, Large Project Leader of the L3Pilot Project at Honda R&D Europe.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
OTO UPDATE