Mulai Diproduksi, Truk Listrik Volta Zero Bakal Jadi Penantang Tesla Semi

Kamis, 18 November 2021 - 21:18 WIB
loading...
Mulai Diproduksi, Truk Listrik Volta Zero Bakal Jadi Penantang Tesla Semi
Truk listrik Volta Zero digadang-gadang bakal jadi penantang berat Tesla Semi yang hingga kini belum jelas kabarnya. Foto/Carbuzz
A A A
JAKARTA - Startup Swedia telah mengembangkan truk komersial 16 ton listrik pertama di dunia yang dinamakan Volta Zero. Truk listrik ini digadang-gadang bakal jadi penantang berat truk listrik Tesla yang hingga kini belum jelas kabarnya.

Setelah meluncurkan prototipe September 2021 lalu, prototipe pertama dari Volta Zero telah memasuki produksi di sebuah pabrik di Coventry, Inggris.

Dikutip dari Carbuzz, Kamis (18/11/2021), ada 25 prototipe desain siap produksi yang menampilkan kabin bergaya transparan dengan visibilitas 220 derajat dan titik buta yang diminimalkan.



Volta Zero memiliki jangkauan listrik 95 - 125 mil, jangkauan ini hampir sama dengan Mini Cooper SE dan dirancang untuk pengiriman barang di pusat kota. Sebagai perbandingan, Tesla Semi akan memiliki jangkauan lebih dari 500 mil, sehingga lebih cocok untuk pengiriman jarak jauh.

Setelah produksi 25 prototipe selesai Januari mendatang, Volta Zero akan memulai pengujian prototipe di iklim cuaca dingin dan panas yang ekstrem serta pengujian tabrakan untuk mengevaluasi keamanan dan keandalan truk.

Beberapa prototipe siap produksi ini akan diberikan kepada pelanggan terpilih, yang akan melakukan jutaan mil pengiriman untuk melihat bagaimana kinerja Volta Zero.

Pengiriman kepada pelanggan pertama diharapkan akan dimulai pada pertengahan 2022, dengan produksi berlangsung di pabrik baru Volta Zero di Steyr, Austria.



Kepala Produsi Truk Volta Zero, Ian Collins mengatakan, pada Agustus kemarin sasis rolling Volta Zero pertama mulai diuji dan telah mengekstrak sejumlah besar data dari kendaraan itu. "Kami telah mengintegrasikan umpan balik itu ke dalam prototipe Verifikasi Desain yang mulai diproduksi hari ini," katanya.

Saat ini Volta Zero masuk pada program pengujian kendaraan normal untuk segera diproduksi secara massal. "Ini untuk memastikan bahwa kendaraan spesifikasi produksi yang akan diluncurkan pada akhir tahun 2022 mempunyai standar kualitas tertinggi agar bisa melebihi harapan pelanggan kami," katanya.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0950 seconds (0.1#10.140)