Waspada Mobil Terbakar, Perhatikan 6 Hal Ini untuk Mencegahnya

Jum'at, 26 November 2021 - 14:04 WIB
loading...
Waspada Mobil Terbakar, Perhatikan 6 Hal Ini untuk Mencegahnya
Banyaknya kasus mobil tiba-tiba saja terbakar akhir-akhir ini kerap membuat para pemilik mobil khawatir. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Banyaknya kasus mobil tiba-tiba saja terbakar akhir-akhir ini kerap membuat para pemilik mobil khawatir. Karena kebakaran ini bisa datang secara tiba-tiba, bahkan ketika mobil sedang dikendarai.

Maka dari itu penting untuk megetahui kondisi kendaraan Anda. Faktanya terdapat berbagai faktor penyebab mobil terbakar.

Salah satu yang paling menyeramkan yaitu korsleting arus pendek listrik. Ada beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan supaya mobil tetap sehat dan terhindar dari kebakaran.


Berikut 6 langkah mencegah korsleting dan kebakaran di mobil yang dilansir dari Toyota Astra:

1. Cek Ruang Mesin

Cara paling mudah yang dapat Anda lakukan dengan cara melihat ruang mesin mobil. Perhatikan secara detail apakah terdapat barang yang mudah terbakar seperti kain atau kenebo mobil yang tertinggal saat menyuci kendaraan.

Selain itu periksalah kabel-kabel yang terdapat di dalam ruang mesin. Pastikan kabel dalam keadaan baik. Jika ada kabel yang sobek karena tergigit tikus maka lakukan perbaikan segera.

Sebisa mungkin jangan memperbaiki soal kelistrikan mobil sendiri jika tidak memahami betul. Hal ini mengurangi terjadinya korsleting listrik yang dapat menyebabkan mobil terbakar.

2. Hindari Memasang Lampu Non Standar

Baiknya disarankan untuk mengindari memakai lampu aftermarket berdaya besar. Sebab hal itu akan menguras aki Anda dan menyebabkan panas berlebih serta dapat berpotensi menyebabkan ledakan kecil memicu terjadi kebakaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2164 seconds (0.1#10.140)