Ini Deretan Motor Canggih, Ganteng dan Keren di EICMA 2021

Sabtu, 27 November 2021 - 14:00 WIB
loading...
Ini Deretan Motor Canggih, Ganteng dan Keren di EICMA 2021
Bimota merupakan salah satu perusahaan modifikasi Italia yang telah diakuisisi oleh Kawasaki. Kini motor-motor Kawasaki tampil istimewa di tangan mereka seperti terlihat di EICMA 2021. Foto/DOK.EICMA.
A A A
MILAN - Pameran otomotif roda dua EICMA 2021 di Milan, Italia selalu menghadirkan serangkaian motor-motor baru yang keren, canggih dan ganteng. Saking istimewanya pameran itu, banyak perusahaan otomotif roda dua berlomba-lomba menghadirkan desain dan teknologi yang terbaik.

Rangkaian inovasi yang ditawarkan oleh pabrikan otomotif roda dua itu tergolong menarik. Pasalnya teknologi itu mampu menenggelamkan popularitas motor listrik yang memang tengah jadi isu hangat belakangan ini.



Berbeda dengan kendaraan roda empat yang berhasil membuat banyak pabrikan otomotif roda empat beralih ke elektrifikasi, industri kendaraan roda dua justru seakan belum terdampak. Pasalnya inovasi-inovasi yang dihadirkan oleh pabrikan motor dunia sangat menggoda. Nah, berikut ini beberapa motor yang hadir di EICMA 2021 yang berhasil mencuri perhatian:

1. Yamaha MT-10 SP
Ini Deretan Motor Canggih, Ganteng dan Keren di EICMA 2021


Yamaha MT-10 SP mendapatkan revisi besar ketika dipaksa mengikuti aturan emisi yang sangat ketat di Eropa. Padahal suara yang bising merupakan ciri khas motor dengan nama lain Monster of Torque itu. Yamaha kemudian mengakali knalpot itu dengan sistem akustik yang unik. Jadi meski sistem emisinya sudah mengadopsi Euro V, suara knalpot motor itu bisa bikin hati semua orang berdebar.

Selain sistem akustik baru, Yamaha MT-10 SP juga dilengkapi sistem suspensi aktif generasi kedua dari Ohlins. Motor itu merupakan motor pertama di dunia yang menggunakannya sehingga memudahkan pengemudi motor memilih tiga mode suspensi aktif yang disediakan Ohlins.

2. Kawasaki H2 SX
Ini Deretan Motor Canggih, Ganteng dan Keren di EICMA 2021


Kawasaki H2 SX merupakan motor Jepang pertama yang dilengkapi dengan sistem radar buatan BOSCH. Motor itu juga dilengkapi fitur keamanan canggih lainnya seperti adaptive cruise control, control blind spot dan forward collission warning.

Dari segi fitur Kawasaki H2 SX juga snagat istimewa karena punya layar TFT ukuran 6,5 inci. Motor juga dapat terkoneksi dengan ponsel pintar pengemudi melalui sistem koneksi Bluetooth.

3. Moto Guzzi V100 Mandello
Ini Deretan Motor Canggih, Ganteng dan Keren di EICMA 2021


Moto Guzzi V100 Mandello merupakan motor pertama di dunia yang dilengkapi dengan sistem aero atau sayap aktif. Moto Guzzi mengklaim sayap aktif itu akan mampu meningkatkan kemampuan Moto Guzzi V100 Mandello membelah udara. Terpaan udara menurut mereka akan berkurang sebesar 22 persen.

4. Honda CBR1000RR Fireblade SP
Ini Deretan Motor Canggih, Ganteng dan Keren di EICMA 2021


Honda CBR1000RR Fireblade SP merayakan kiprahnya selama 3 dekade di industri otomotif dalam penyelenggaraan EICMA 2021. Motor-motor Honda CBR1000RR Fireblade SP hadir dengan livery khusus.

Dari segi spesifikasi teknis, tidak ada perubahan radikal dari mesin 4 silinder dengan kapasitas 999,9 cc itu. Mesin itu masih menggelontorkan tenaga sebesar 214,5 daya kuda. Hanya saja Honda dalam keterangan resminya mengatakan ada beberapa perubahan yang dilakukan di motor spesial itu dan dua motor Honda CBR1000RR Fireblade lainnya yang dibawa ke EICMA 2021.

Kinerja mesin kini lebih difokuskan pada akselerasi dan kestabilan saat melibas tikungan. Honda Selectable Torque Control (HSTC) juga telah dioptimalkan untuk manajemen traksi ban belakang yang lebih baik lagi. Menariknya menurut Honda revisi itu diberikan berdasarkan saran dari pebalap motor Honda MotoGP.

5. Bimota KB4 dan Bimota KB4 RC
Ini Deretan Motor Canggih, Ganteng dan Keren di EICMA 2021


Rumah modifikasi Bimota mengubah motor Kawasaki Ninja 1000SX jadi dua motor yang menarik Bimota KB4 dan Bimota KB4 RC. Jika Bimota KB4 hadir dalam bentuk motor sport fairing, sebaliknya Bimota KB4 RC hadir dalam bentuk sport naked.

Motor ini memang tidak memiliki teknologi canggih seperti yang lain. Hanya saja Bimota berhasil membuat motor itu jauh lebih ringan dari Kawasaki Ninja 1000SX. Alhasil tenaga motor itu jauh lebih besartyakni 142 daya kuda. Padahal bobot motor ini cuma mencapai 187 kilogram.


6. MV Agusta Lucky Explorer
Ini Deretan Motor Canggih, Ganteng dan Keren di EICMA 2021


MV Agusta menghadirkan dua motor petualang yakni Lucky Explorer 9.5 dan Lucky Explorer 5.5. Kedua motor itu disebut MV Agusta dikembangkan dari motor petualang yang pernah mereka buat dan merajai balap reli Dakar yakni Cagiva Elefant.

Diketahui Cagiva merupakan induk perusahaan MV Agusta. Menariknya motor itu justru merupakan kerja sama dari perusahaan motor CHina, Qianjiang. Nah, disebut-sebut motor petualang MV Agusta itu akan mengisi segmen motor petualang menengah dengan banderol harga yang kompetitif.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)