Omicron Merebak, Begini Cara Membersihkan Mobil Agar Bebas Virus

Rabu, 01 Desember 2021 - 21:51 WIB
loading...
Omicron Merebak, Begini Cara Membersihkan Mobil Agar Bebas Virus
Bukan tidak mungkin virus akan menyebar dan bersarang di mobil, jadi pencegahan harus dilakukan. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Varian baru virus Covid-19 Omicron pertama teridentifikasi di Afrika Selatan dan sudah terdeteksi di beberapa negara. Karena itu, harus disadari bahwa Corona belum sepenuhnya hilang. Kita tetap harus menjaga protokol kesehatan dan kebersihan.

Salah satunya di mobil. Sebab, bukan tidak mungkin virus akan menyebar dan bersarang di mobil. Untuk itu, harus diketahui cara membersihkan mobil untuk mencegah virus agar tak menempel baik di interior maupun eksterior mobil.



Apa saja? Berikut dilansir dari laman Auto2000, Rabu (1/12):

1. Gunakan Sabun
Untuk membersihkan bagian eksterior mobil, Anda tetap dapat menggunakan sabun pembersih. Sebaiknya jangan menggunakan cairan sabun sembarangan karena dapat berisiko merusak permukaan bodi mobil. Jadi, hati-hatilah dalam pemilihan sabun pembersih mobil.

2. Gunakan Cairan Disinfektan
Berpindah ke sisi interior, pastikan bahwa seluruh bagian mobil yang kerap tersentuh tangan dibersihkan dengan cairan disinfektan. Beberapa bagian mobil tersebut mencakup, setir, kunci, spion, tombol-tombol kontrol audio & AC, serta bagian lainnya. Jika Anda tidak yakin dengan cairan disinfektan yang digunakan, coba pilih produk tisu saja. Jangan gunakan produk pembersih berbasi amoniak pada layar sentuh mobil karena mampu menurunkan lapisan anti-silau pada layar.

3. Gunakan Pembersih yang Benar
Kemudian Anda bisa berpindah ke bagian jok, karpet, hingga atap kabin mobil. Bersihkan bagian-bagian tersebut dengan pembersih yang benar. Gunakan produk yang memang diperuntukan untuk jok dan karpet mobil agar tidak ada masalah berarti. Proses pembersihan juga lebih aman tanpa ada risiko lanjutan.

4. Pakai Sarung Tangan
Ingat, dalam proses pembersihan ini, Anda harus menggunakan sarung tangan sekali pakai. Selain untuk mencegah kontaminasi kulit dengan cairan pembersih, sarung tangan juga berguna sebagai pencegahan paparan virus dan kuman secara langsung. Tangan Anda dapat tetap bersih selama proses pembersihan seluruh bagian mobil.



5. Cuci Tangan Setelah Membersihkan Mobil
Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah membersihkan mobil. Cuci tangan Anda di air mengalir selama 20 detik dengan sabun. Jangan lupa juga untuk kembali menggunakan hand sanitizer jika memang Anda ingin meneruskan aktivitas lainnya, khususnya yang ada di luar rumah
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4908 seconds (0.1#10.140)