Mengejutkan, Mobil Listrik Buatan Renault Raih Rating Keamanan 0

Kamis, 09 Desember 2021 - 04:45 WIB
loading...
Mengejutkan, Mobil Listrik Buatan Renault Raih Rating Keamanan 0
Euro NCAP melakukan uji tabrak pada Renault Zoe dengan hasil rating keamanan 0. Foto/Euro NCAP.
A A A
INGGRIS - Renault Zoe , mobil listrik buatan Renault mendapatkan rating keamanan 0 versi Euro NCAP. Raihan itu jadi peringatan yang menyakitkan buat perusahaan mobil terkenal asal Prancis itu. Pasalnya di waktu yang bersamaan Euro NCAP juga memberikan rating keamanan 1 bagi mobil listrik buatan mereka lainnya, Dacia Spring.

Diketahui Dacia Spring merupakan mobil listrik yang menggunakan platform Renault Kwid. Renault hanya mengubah mesin konvensional yang ada di Renault Kwid dengan motor listrik saat membuat Dacia Spring.

"Renault sebelumnya sinonim dengan keamanan. Raihan buruk yang ada di Renault Zoe dan Dacia Spring menunjukkan bahwa transisi dari perusahaan mobil konvensional ke perusahaan mobil listrik justru mengakibatkan mutu yang rendah pada standar keamanan," ujar Sekretaris Jenderal Euro NCAP Michiel van Ratingen.



Mengejutkan, Mobil Listrik Buatan Renault Raih Rating Keamanan 0


Euro NCAP menyebutkan salah satu faktor yang membuat Renault Zoe mendapatkan rating 0 adalah fungsi side airbag yang sangat rendah. Menurut mereka kualitas side airbag justru sangat buruk dibandingkan side airbag yang ada di mobil konvensional Renault Zoe sebelumnya.

Penilaian itu memang sangat mengejutkan mengingat tahun ini hingga Oktober, Renault Zoe merupakan mobil listrik terlaris ketiga setelah Tesla Model 3 dan Volkswagen ID.3 di kawasan Eropa. Rating yang diberikan oleh Euro NCAP memang tidak membuat mobil itu berhenti dijual. Hanya saja masyarakat Eropa selalu memerhatikan penilaian Euro NCAP sebelum memutuskan membeli mobil.

Kritikan yang sama tidak hanya dilakukan Euro NCAP. Perusahaan riset Inggris, Thatcham Research menyayangkan apa yang terjadi pada Renault Zoe saat ini. Pasalnya mobil itu dulu dikenal sebagai mobil yang aman, harga yang kompetitif dan disukai banyak orang. Pada 2013 mobil itu bahkan mendapatkan rating 5 Euro NCAP.



"Sangat menyedihkan melihat Renault Zoe mendapatkan rating 0. Tidak ubahnya dari Hero to Zero," jelas Matthew Avery, Chief Research Strategy Officer Tatcham Research.

Menanggapi capaian Euro NCAP itu, Renault dalam keterangan resmi mengatakan Renault Zoe adalah mobil aman. Mobil itu dibuat dengan memenuhi segala aspek dan standar keamanan yang diwajibkan oleh peraturan.Menurut mereka standar keamanan yang diperlukan sebuah mobil terus berkembang dan semakin ketat di semua bagian mobil.

"Renault selalu berupaya meningkatkan standar keamanan itu menyesuaikan dengan regulasi yang ada dimana mobil itu dijual," tulis keterangan resmi Renault.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1983 seconds (0.1#10.140)