Tak Perlu Dijumper, Begini Cara Atasi Aki Tekor Pada Mobil Manual

Kamis, 16 Desember 2021 - 23:01 WIB
loading...
Tak Perlu Dijumper, Begini Cara Atasi Aki Tekor Pada Mobil Manual
Jumper memang umum dilakukan ketika aki tekor atau kurang setrum tapi ada cara lebih mudah untuk mobil transmisi manual. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Aki tekor menjadi salah satu masalah pada kendaraan yang sangat mengganggu. Apalagi jika Anda sedang dalam perjalanan namun mobil sulit dihidupkan kembalil usai berisirahat di rest area.

Jika aki tekor membuat mobil sulit untuk dihidupkan, cara yang paling mudah dilaukan adalah dengan melakukan jumper. Cara ini sangat sederhana dan murah, namun Anda perlu mobil lain dengan aki normal untuk melakukannya.

Jumper memang umum dilakukan ketika aki tekor atau kurang setrum sehingga tidak bisa memutar dinamo stater. Tapi untuk mobil dengan transmisi manual, ada cara yang lebih mudah selain melakukan jumper.



Dikutip dari laman Auto2000, Kamis (16/12/2021), berikut ini cara mengatasi aki tekor pada mobil:

1. Mengatasi Aki Tekor Pada Mobil Manual

Jika aki tekor terjadi pada mobil bertransmisi manual, kamu bisa tetap menerapkan cara mengatasi aki tekor menggunakan metode jumper aki.

Namun kamu juga bisa menggunakan cara lain yang lebih simpel dilakukan, yaitu dengan memanfaatkan dorongan. Cara alternatif ini memanfaatkan putaran roda yang berputar untuk menghidupkan mesin.

Pertama, posisikan transmisi mobil pada kondisi gigi 3 atau 4. Kedua, injak penuh pedal kopling mobil Anda. Bersamaan dengan itu, dorong mobil hingga jarak 5-10 meter.

Jika sudah mencapai jarak yang sesuai, lepas pedal kopling pelan-pelan. Jika sudah berhasil, biarkan mobil tetap hidup selama kurang lebih 20 menit. Tujuannya adalah agar aki bisa terisi kembali.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1903 seconds (0.1#10.140)