Lima Langkah Jitu Merawat Mobil Selama di Rumah Saja

Selasa, 09 Juni 2020 - 12:08 WIB
loading...
Lima Langkah Jitu Merawat Mobil Selama di Rumah Saja
Tips merawat aneka mobil Wuling terbaik
A A A
JAKARTA - Sejalan dengan anjuran physical distancing dan tak meninggalkan rumah untuk mencegah penyebaran virus corona ( Covid-19), hal tersebut membuat pemerintah mengimbau masyarakat untuk membatasi aktivitas di luar rumah.

Beberapa perusahaan pun memutuskan untuk memberlakukan sistem bekerja dari rumah. Sejak bekerja di rumah, kendaraan yang biasa Anda gunakan juga akan menganggur. Meski begitu, Anda tetap harus merawatnya. Ada beberapa komponen kendaraan-—terutama mobil— yang harus dicek agar kondisinya tetap prima. Apa saja?

Ban
Saat memarkir mobil di satu posisi yang sama dalam waktu yang lama, semua tumpuan kendaraan berada di ban. Hal tersebut dapat mengakibatkan bentuk penampang ban menjadi tidak standar. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengecek tekanan udara pada ban.

Setiap kendaraan memiliki tekanan ban yang berbeda. Misalnya, mobil Wuling model Confero dan Formo yang memiliki ukuran ban 195/60R15. Dua mobil ini memiliki tekanan ban depan-belakang 32-35 Psi saat mobil berada pada kondisi tanpa muatan. Ketika diisi penuh, tekanan ban belakang bisa diisi 36-39 Psi dan ban depan tetap 32-35 Psi.

Sementara itu, mobil Wuling dengan model Cortez yang mempunyai ban berukuran 205/55R16 akan memiliki tekanan ban depan-belakang 33-36 Psi pada kondisi tanpa muatan. Jika muatan penuh, tekanan ban depan akan tetap sama sedangkan ban belakang dapat diisi dengan 33-36 Psi.

Berbeda dengan tiga model di atas, mobil Wuling dengan model Almaz mempunyai ukuran ban yang lebih besar. Meski begitu, tekanan bannya mirip dengan Confero dan Formo, yaitu tekanan ban depan-belakang 32-35 Psi saat mobil berada pada kondisi tanpa muatan. Jika mobil mengangkut muatan penuh, tekanan ban belakang bisa diisi 36-39 Psi dan ban depan tetap 32-35 Psi.

Bagi Anda pemilik mobil Wuling, tidak perlu khawatir. Sebab, mobil-mobil Wuling sudah memiliki fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Fitur ini memungkinkan Anda mengecek tekanan ban melalui layar MID, sehingga tidak perlu repot mengeceknya dengan kompresor.

Selain mengecek tekanan ban, Anda juga perlu memerhatikan kontur ban. Apabila mobil didiamkan lebih dari satu minggu, sebaiknya Anda mengembalikan kontur ban dengan cara menggunakannya selama 10 menit.

Rem
Bagian kedua yang tidak kalah penting adalah rem. Karat pada permukaan rotor rem mobil berpotensi muncul jika lama tidak digunakan.

Terlebih saat Anda membiarkan penggunaan rem parkir terlalu lama. Hal tersebut dapat mengakibatkan kampas rem dan rotor menempel erat. Solusinya, Anda bisa melepas rem parkir saat memarkir mobil di permukaan yang rata. Sama halnya dengan ban, sebaiknya mobil tetap digunakan seminggu sekali agar kondisi rem tetap baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4740 seconds (0.1#10.140)