Cara Mendongkrak Saat Ban Kempes di Perjalanan Liburan

Minggu, 26 Desember 2021 - 22:05 WIB
loading...
Cara Mendongkrak Saat Ban Kempes di Perjalanan Liburan
Permukaan jalanan, tumpuan dongkrak, serta kondisi dongkrak harus diperhatikan. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara mendongkrak mobil wajib diketahui oleh pengguna mobil. Ini penting, jika terjadi kondisi darurat seperti ban kempes di perjalanan.
Nah, ada beberapa cara agar pengguna bisa mendongkrak mobil dengan aman dilansir dari laman Daihatsu Indonesia:



Cek kondisi dongkrak
Cek kondisi dongkrak apakah masih layak pakai. Jangan sampai ada oli bocor atau komponen dongkrak hilang. Sebab jika dongkrak bermasalah bisa menimbulkan malfungsi saat digunakan. Bahkan, berbahaya ketika mobil yang terangkat tinggi tiba-tiba jatuh.

Permukaan jalan rata
Saat mengalami masalah pada ban, menepilah secara perlahan. Cari permukaan jalan yang rata. Permukaan yang tidak rata seperti tanjakan bisa berbahaya karena kondisinya tidak seimbang.

Cari tumpuan mobil yang pas
Cara Mendongkrak Saat Ban Kempes di Perjalanan Liburan

Permukaan mobil yang jadi tumpuan dongkrak harus diperhatikan. Ini karena tidak semua permukaan mobil bisa jadi tumpuan. Bagian mobil yang bisa dipakai sebagai tumpuan untuk proses jacking adalah bodi monokok dan bodi frame terpisah. Bodi monokok memiliki struktur rangka menyatu dengan bodi mobil lainnya.

Kenali jenis-jenis dongkrak
Ada tiga jenis dongkrak yang biasanya dimiliki oleh pemilik kendaraan pribadi. Antara lain dongkrak botol, dongkrak gunting, dan dongkrak buaya. Ketiga dongkrak ini memiliki bentuk berbeda dan kemampuan menahan beban dengan berat yang berbeda pula.

Dongkrak harus memompa tuas perlahan hingga mobil terangkat. Ingat, jangan angkat mobil terlalu tinggi, cukup pada keadaan 10 hingga 15 cm saja supaya mobil tetap seimbang.

Untuk mengganti ban mobil yang bocor atau pecah, sebelum dongkrak ditekan, Anda harus melonggarkan dulu seluruh baut pada ban mobil supaya lebih mudah dan cepat dalam melepas ban nantinya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7259 seconds (0.1#10.140)