Mengenal Mazda Kotak Sabun, Eks Mobil Dinas PNS yang Kini Diburu Kolektor

Minggu, 02 Januari 2022 - 19:04 WIB
loading...
Mengenal Mazda Kotak Sabun, Eks Mobil Dinas PNS yang Kini Diburu Kolektor
Mazda B600 yang pernah menjadi mobil dinas PNS dan kini keberadaannya sudah langka. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Pada masa setelah kemerdekaan, mobil adalah salah satu barang mewah dan hanya dimiliki oleh pejabat dan orang kaya. Salah satunya adalah mobil mini Mazda B600 yang pernah menjadi mobil dinas PNS dan kini keberadaannya sudah langka.

Pada era 60-an jalanan Indonesia pernah didominasi oleh mobil-mobil dari Amerika dan Eropa, seperti Ford, Chevrolet, Pontiac, Mercedes-Benz, dan lainnya.

Perlahan tapi pasti, mulailah di awal 60-an mobil-mobil dari Jepang masuk Tanah Air. Salah satu brand yang cukup populer di kala itu adalah Mazda yang menghadirkan mobil mini seri B600.

Mengenal Mazda Kotak Sabun, Eks Mobil Dinas PNS yang Kini Diburu Kolektor




Mobil yang pernah dijuluki kotak sabun tersebut kini keberadaannya sudah sangat langka. Maka tak heran jika sejumlah kolektor mobil antik rela membayar mahal untuk meminang mobil tersebut.

1. Desain Antik

Jika menengok ke sisi desain, Mazda ini mempunyai bentuk kotak dan mungil. Kesan antik pun tampak nyata di bagian depan. Lampu bentuk bundar dan kaca spion yang menempel di atasnya.

Mobil mazda ini menjadi kendaraan sangat langka, mengingat mempunyai desain yang unik membuat para kolektor mobil memburu kendaraan ini untuk menjadi koleksinya.

2. Pakai Mesin 600cc
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1604 seconds (0.1#10.140)