Kendaraan Terbesar di Dunia yang Bikin Geleng Kepala

Kamis, 20 Januari 2022 - 19:15 WIB
loading...
Kendaraan Terbesar di Dunia yang Bikin Geleng Kepala
Kendaraan raksasa biasanya digunakan untuk kebutuhan spesifik. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Apa bayangan Anda tentang kendaraan terbesar yang pernah diciptakan? Truk eskavator, bus tingkat, truk tambang? Ternyata itu termasuk kendaraan “biasa”. Karena, ada kendaraan yang ukurannya sebesar lapangan sepak bola.



Kendaraan raksasa ini tidak hanya digunakan untuk keperluan proyek dan mengangkut barang, juga ada yang digunakan di jalanan umum. Penasaran seperti apa wujudnya?

1. NASA Crawler Transporter
Kendaraan Terbesar di Dunia yang Bikin Geleng Kepala

Pada 1965, NASA mengembangkan dua crawler-transporter untuk membawa roket ke landasan peluncuran mereka. Saat itu, kendaraan pengangkut yang sangat besar ini memiliki panjang 39.929 meter, lebar 34.747 meter, serta tinggi lebih dari 6.096 meter. Ini merupakan kendaraan darat self-powered terbesar di dunia.

Transporter yang diberi nama Hans dan Franz itu kini digunakan untuk mengangkut shuttle antara Vehicle Assembly Building dan Launch Complex 39.

2. Bagger 288
Kendaraan Terbesar di Dunia yang Bikin Geleng Kepala

Bagger 288 selesai dibangun pada 1978, ekskavator roda ember itu memiliki tinggi 94,79 meter, panjang 214,88 meter, dan berat 41276,9 ton.

Kendaraan tersebut menggantikan Crawler Transporter milik NASA sebagai kendaraan darat terbesar di dunia.

Mesin super besar ini digunakan di tambang strip Hambach di Jerman, dan menggali hingga 240.000 ton batu bara setiap hari. Bahkan ukurannya setara lapangan sepak bola.

3. Caterpillar 797B
Kendaraan Terbesar di Dunia yang Bikin Geleng Kepala

797B adalah model generasi kedua dalam jajaran 797 truk pengangkut powertrain mekanis Caterpillar yang diproduksi khusus untuk pertambangan produksi tinggi dan aplikasi konstruksi tugas berat.

Mengikuti jejak pendahulunya yang sangat masif, model ini memiliki kapasitas muatan 345 ton, menjadikannya salah satu kendaraan terbesar di dunia.

4. BelAZ 75710
Kendaraan Terbesar di Dunia yang Bikin Geleng Kepala

Truk angkut kelas ultra besar ini memiliki panjang 20,6 meter. Sama dengan panjang dua bus tingkat yang diparkir. Sedangkan tingginya mencapai 8,16 meter dan lebar 9,87 meter.

Dibangun untuk perusahaan pertambangan Rusia, BelAZ 75710 memiliki berat 360 ton, yang lebih dari pesawat penumpang Airbus A380 yang terisi penuh. Kapasitas muatannya mencapai 408.233 ton, terbesar dari semua truk sampah.

5. Dodge Power Wagon
Kendaraan Terbesar di Dunia yang Bikin Geleng Kepala

Truk pikap raksasa ini adalah replika berukuran super dari Dodge Power Wagon klasik tahun 1950-an. Ukurannya kira-kira delapan kali ukuran Dodge asli, kendaraan raksasa ini memiliki berat lebih dari 50 ton dan bisa mengangkut seluruh isi apartemen di dalamnya.

Dimiliki oleh Sheikh Hamad yang kaya, interior truk menawarkan empat kamar tidur ber-AC, ruang tamu, kamar mandi, dan teras bak truk.

Tak heran, kendaraan raksasa ini menyandang predikat truk pikap terbesar yang pernah dibuat. Bukan hanya sebagai pajangan, kendaraan ini beroperasi penuh dan bahkan terdaftar untuk digunakan di jalanan Abu Dhabi.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2813 seconds (0.1#10.140)