Berkaca dari Kecelakaan Horor di Balikpapan, Begini Cara Kendalikan Mobil Saat Rem Blong

Jum'at, 21 Januari 2022 - 21:38 WIB
loading...
Berkaca dari Kecelakaan Horor di Balikpapan, Begini Cara Kendalikan Mobil Saat Rem Blong
Dalam beberapa kasus, rem blong memang sering menjadi penyebab kecelakaan yang menelan korban jiwa. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kecelakaan horor yang terjadi di Simpang Muara Rapak Balikpapan, Kalimantan Timur, diduga dari truk kontainer yang mengalami rem blong . Banyaknya korban jiwa bisa dihindari jika sopir memahami bagaimana mengendalikan mobil ketika alami rem blong.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, sopir truk kontainer itu mengakui kalau mobil itu mengalami rem blong sehingga menabrak sejumlah pengendara di lokasi. Dalam peristiwa ini, 5 orang meninggal di tempat dan 4 lainya mengalami luka-luka.



Dalam beberapa kasus kecelakaan, rem blong memang sering menjadi penyebab kecelakaan yang menelan korban jiwa. Ini terjadi karena sistem pengereman tidak bekerja dengan baik sehingga mobil yang harusnya berhenti, terus berjalan dan menabrak kendaraan di depanya.



Sebenarnya, Anda bisa mengurangki kecelakaan fatal jika mengetahui apa yang harus dilakukan ketika mobil mengalami rem blong . Berikut langkah penting yang bisa dilakukan ketika mobil Anda mengalami rem blong seperti dikutip dari situs resmi Nissan:

1. Turunkan Gigi Persneling Secara Bertahap

Kecelakaan fatal biasanya terjadi ketika mobil melaju kencang dan tiba-tiba rem mengalami blong. Untuk mengurangi kecepatan, turunkan gigi secara bertahap mulai dari yang tinggi ke paling rendah. Teknik ini biasa disebut sebagai teknik pengereman mesin.

2. Gunakan Rem Tangan

Anda tidak bisa langsung menggunakan rem tangan ketika mobil sedang melaju kencang. Rem tangan bisa Anda gunakan ketika tahap pertama mengurangi kecepatan dengan menurunkan gigi perseneling berhasil.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1706 seconds (0.1#10.140)