Calon Motor Listrik Terkencang di Dunia akan Pakai Material Roket Luar Angkasa

Selasa, 08 Februari 2022 - 13:30 WIB
loading...
Calon Motor Listrik Terkencang di Dunia akan Pakai Material Roket Luar Angkasa
Calon motor listrik terkencang di dunia buatan Lightning Motorcycles diharapkan mampu mencapai top speed 402,2 kilometer per jam. Foto/Autoevolution.
A A A
JAKARTA - Lightning Motorcycles siap membuat motor listrik terkencang di dunia dengan menggunakan material roket luar angkasa. Disebutkan Autoevolution keinginan untuk membuat motor terkencang di dunia berangkat dari gagasan dimana belum ada satu pun motor yang bisa menembus kecepatan 400 kilometer per jam.

Dari situlah Lightning Motorcycles berupaya mewujudkan satu-satunya motor yang bisa menembus kecepatan 400 kilometer per jam. Direncanakan motor itu bisa mencatatkan diri sebagai yang terkencang dengan kecepatan tertinggi 402,2 kilometer per jam.

Masalahnya adalah tidak mudah bagi motor untuk bertahan di kecepatan yang sangat tinggi. Setidaknya diperlukan material khusus yang mampu bertahan di kecepatan 400 kilometer per jam.



Calon Motor Listrik Terkencang di Dunia akan Pakai Material Roket Luar Angkasa


Dari situ Lightning Motorcycles mengadakan kerja sama dengan perusahaan Brasil, CBMM. Perusahaan itu bukan perusahaan biasa tapi penyedia material khusus bernama Niobium.

Diketahui Brasil merupakan penghasil Niobium yang sangat besar di dunia. Niobium umumnya merupakan logam langka yang lunak tapi memiliki daya tahan yang sangat tinggi.

Niobium umumnya digunakan di industri nuklir dan bahan utama pemindai MRI. Selain itu Niobium juga digunakan di roket luar angkasa. Salah satu roket luar angkasa yang menggunakan Niobium adalah Apollo 15 CSM.



Untuk mewujudkan motor terkencang di dunia itu, Lightning Motorcycles akan menggunakan platform motor yang telah mereka buat, LS-218.

Diketahui motor listrik itu dilengkapi dengan dua pilihan baterai yakni 12 kWh dan 20 kWh. Untuk varian baterai 20 kWh daya maksimalnya mencapai 200 daya kuda. Top speed diklaim mencapai 347,55 kilometer per jam. Jadi butuh inovasi yang tinggi agar Lightning Motorcycles bisa sampai di top speed 402,2 kilometer per jam.

"Bobot yang ringan dan efisiensi tinggi adalah faktor utama dalam motor performa tinggi. Kami akan menggunakan Niobium untuk mewujudkan mimpi kami," ujar CEO dan pendiri Lightning Motorcycles, Richard Hatfield.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2437 seconds (0.1#10.140)