Begini Cara Merawat Aki Motor yang Jarang Dipakai, Dijamin Tokcer!

Jum'at, 18 Februari 2022 - 18:02 WIB
loading...
Begini Cara Merawat Aki Motor yang Jarang Dipakai, Dijamin Tokcer!
Cara merawat aki motor yang jarang dipakai perlu diketahui agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Cara merawat aki motor yang jarang dipakai perlu diketahui agar tidak menimbulkan masalah dikemudian hari. Karena bisa saja karena sudah lama tidak digunakan, aki pada motor tidak ada setrumnya sama sekali.

Ketika motor terlalu lama didiamkan, hal itu akan mengakibatkan oli pada motor mengental dan mengendap. Tentunya ini akan berdampak buruk pada mesin karena oli berfungsi sebagai pelumas mesin.

Selain oli, dampak dari sepeda motor yang lama tidak dipakai juga mempengaruhi kondisi aki motor. Aki sebagai sumber kelistrikan pada motor akan menjadi rusak dan tentunya berpengaruh pada komponen kelistrikan motor.

Agar tidak menjadi masalah dikemudian hari, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk merawat aki motor yang jarang dipakai:



1. Memanaskan Motor

Cara pertama untuk merawat aki motor yang jarang dipakai adalah dengan memanaskan motor. Cara ini merupakan cara yang paling umum dan paling sering digunakan untuk merawat aki motor yang jarang dipakai.

Walaupun Anda tidak berencana untuk menggunakan motor tersebut, Anda tetap harus rutin untuk memanaskannya setiap hari. Tidak perlu berlama-lama, cukup sekitar 5 menit saja setiap harinya.

Memanaskan motor akan membuat kualitas aki dan mesin motor terjaga. Cara ini dilakukan dengan tujuan menjaga aki agar tetap memberikan suplai aliran listrik ke komponen-komponen kelistrikan yang ada di motor.

Maka dari itu, sebagai pemilik motor, anda harus bijak untuk memanaskan motor walaupun tidak berencana untuk menggunakannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1347 seconds (0.1#10.140)