3 Fungsi Rocker Arm di Mesin Mobil yang Perlu Anda Tahu

Sabtu, 02 April 2022 - 21:11 WIB
loading...
3 Fungsi Rocker Arm di Mesin Mobil yang Perlu Anda Tahu
Tanpa rocker arm yang bekerja maksimal, maka mobil Anda tidak akan bisa digunakan. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Fungsi rocker arm di mesin mobil penting untuk Anda ketahui. Faktanya, masih sangat banyak orang yang belum mengetahui fungsi rocker arm. Bahkan banyak juga orang yang tidak mengetahui bentuknya. Padahal, keberadaan rocker arm sangat penting untuk performa mesin. Tanpa rocker arm yang bekerja maksimal, maka mobil Anda tidak akan bisa digunakan.

Penasaran apa fungsi rocker arm di mesin mobil? Berikut ulasannya, dilansir dari Auto2000:

Fungsi Rocker Arm di Mesin Mobil
Rocker arm adalah komponen dalam mesin mobil yang merupakan bagian dari sistem valve train pada kepala silinder (cylinder head). Dengan demikian, rocker arm sangat mudah ditemukan di dalam mesin berjenis OHV (Over Head Valve) dan OHC (Over Head Camshaft).

Rocker arm juga sering disebut sebagai pelatuk katup atau templar. Letak Rocker arm di bagian kepala silinder merupakan penghubung antara katup dengan camshaft. Melihat bagaimana letaknya yang krusial sebagai penghubung, ada beberapa fungsi rocker arm di mesin mobil.

1. Membuka dan Menutup Katup Hisap
Fungsi pertama dari rocker arm adalah membuka dan menutup katup hisap atau disebut juga intake valve. Pergerakan buka tutup dari katup hisap dibantu oleh camlobe (nok) yang ada di camshaft. Jadi saat camlobe mendorong rocker arm, otomatis akan terjadi proses penekanan katup sehingga terbuka.

Saat katup intake ditekan oleh rocker arm, pencampuran material bakar dan udara bisa dengan mudah masuk ke dalam ruang bakar mesin.

2. Membuka dan Menutup Katup Buang
Selain untuk membuka dan menutup katup hisap, rocker arm juga bisa melakukannya untuk katup buang atau disebut juga exhaust valve. Secara proses buka tutup, sebenarnya sama saja dengan yang dilakukan pada katup hisap.

Saat katup buang tertekan oleh rocker arm, maka gas dari sisa hasil pembakaran bisa mudah keluar dari ruang bakar untuk menuju ke exhaust manifold.

3. Memiliki Bentuk Berbeda-Beda
Bagi yang belum tahu, bentuk rocker arm sendiri sebenarnya berbeda-beda. Ada yang memakai roller pada salah satu bagian ujungnya. Kemudian ada juga yang hanya dibentuk seperti ganjalan sepatu.

Sebenarnya kecocokan bentuk rocker arm ini tergantung dari model yang ada dalam sistem valve trainnya. Melihat pentingnya fungsi rocker arm di mesin mobil, kondisi komponen ini memang wajib prima sepanjang waktu.



Dengan demikian, jangan sampai ada kerusakan karena bisa membuat mesin mobil Anda bekerja tak sempurna. Oleh karena itu, jangan lupa lakukan perawatan mesin mobil secara rutin di bengkel resmi pilihan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3093 seconds (0.1#10.140)