8.000 Mobil Mewah buat Rusia Mangkrak di Pelabuhan Belgia karena Invasi ke Ukraina

Minggu, 17 April 2022 - 14:29 WIB
loading...
8.000 Mobil Mewah buat Rusia Mangkrak di Pelabuhan Belgia karena Invasi ke Ukraina
Sebanyak 8.000 mobil mewah seperti BMW yang hendak dikirim ke Rusia kini mangkrak di pelabuhan Zeebrugge, Belgia. Foto/Archyworldis.
A A A
BELGIA - Ribuan mobil mewah buat Rusia mangkrak di Pelabuhan Zeebrugge,Belgia. Mobil itu tidak boleh dikirim sebagai jawaban invasi Rusia atas Ukraina.

Euronews menyebutkan setidaknya ada 8.000 mobil mewah yang tertahan di pelabuhan itu. Mobil-mobil yang ada mulai dari Lexus LX terbaru, Cadillac Escalade anyar, Porsche hingga Ferrari.

Mobil-mobil itu tidak bisa dikirim ke Rusia karena mematuhi sanksi yang telah dikeluarkan Uni Eropa atas Rusia. Dalam sanksi itu, Uni Eropa melarang pengiriman mobil-mobil mewah yang harganya di atas 50.000 Euro atau setara Rp775,2 juta ke negara yang dipimpin Vladimir Putin itu.





"Mobil-mobil ini dikirim dari kawasan Timur jauh dan wilayah lain dengan tujuan akhir Rusia. Mobil ini tidak bisa diekspor lagi," ujar Marc Adriansens, Director of the Port's International Car Operators Zebrugge.

Dia melanjutkan saat ini ribuan mobil-mobil itu dibiarkan mangkrak di pelabuhan. Padahal kondisi mobil-mobil itu benar-benar sangat baru. "Pabean menyebutkan mobil-mobil itu harus tetap di pelabuhan dan diblokir. Kami tidak tahu berapa lama mobil akan berada di tempat kami. Dugaan saya saat ini poihak terkait masih memikirkan alternatif baru," jelas Marc Adriansens.



Pasar otomotif Rusia memang jadi pasar yang menggoda buat mobil-mobil mewah. Meski secara umum total pasar otomotif Rusia tidak terlalu besar namun permintaan mobil-mobil mewah sangat signifikan.

Saat ini di Rusia beberapa produk mobil mewah yang sangat mendominasi adalah Mercedes-Benz,BMW. Lexus, Audi dan Volvo. Setelahnya adalah Porsche dan Land Rover.

Hanya saja saat ini akibat sanksi yang dikeluarkan oleh Uni Eropa, masyarakat atau orang-orang kaya di Rusia tidak akan bisa lagi menikmati mobil-mobil mewah. Hal itu terjadi karena adanya larang pengiriman mobil mewah ke Rusia.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2240 seconds (0.1#10.140)