Perbandingan Antara Honda BR-V Lama dan Baru, Signifikan Bedanya!

Selasa, 19 April 2022 - 17:27 WIB
loading...
Perbandingan Antara Honda BR-V Lama dan Baru, Signifikan Bedanya!
All New Honda BR-V baru memiliki banyak sekali perubahan dibandingkan versi sebelumnya. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - All New Honda BR-V memberi standar baru untuk segmen Low SUV (LSUV), baik dari sisi desain, performa mesin, fitur, hingga teknologi. Begitu segarnya, hingga sulit dibedakan dari model Honda BR-V sebelumnya.

Mungkin banyak juga konsumen yang bertanya, apa saja perbedaan antara Honda BR-V lama dan All New Honda BR-V? Nah, SINDOnews merangkumnya berikut ini:

1. Platform yang Berbeda
All New Honda BR-V lahir dari platform yang benar-benar dirancang ulang. Ini berbeda dengan Honda BR-V lawas yang mengadopsi platform serupa dengan Honda Mobilio, Jazz, hingga HR-V. Bahkan, desain rancang bangunnya disesuaikan juga dengan kondisi jalanan di Indonesia. Misalnya soal radius putar kecil sehingga bisa berputar lebih mudah. Atau, suspensi yang disetel ulang agar lebih nyaman tapi tetap rigid.

2. Mesin Baru
Jantung mekanis All New Honda BR-V benar-benar baru. Yakni, mesin DOHC 1.500 cc yang sanggup menyemburkan daya 121 PS pada 6.600 rpm dengan torsi puncak 145 Nm pada 4.300 rpm. Mesin ini juga digunakan di Honda City Hatchback RS dan All New Honda HR-V.

Sebagai perbandingan, model Honda BR-V lama memakai mesin SOHC 1.5L i-VTEC dengan tenaga maksimal 120 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 RPM. Selain tenaga naik 1 PS, mesin tersebut juga diklaim 3 persen lebih hemat konsumsi bahan bakarnya. Ini karena torsi puncak bisa diraih pada putaran mesin yang relatif rendah. Tidak perlu sering-sering bejek gas terlalu dalam, terbesar dikelasnya!

3. Eksterior
Perbedaan eksterior Honda BR-V lama dan All New Honda BR-V memang sangat drastis. Honda BR-V baru tampil lebih gagah, modern, bahkan futuristis. Lebih detail lagi, dimensi Honda BR-V baru juga lebih bongsor dan lebih tinggi.

Dengan struktur baru, jarak sumbu roda diperpanjang hingga 40 mm dari model saat sebelumya. Rasio aplikasi high-tensile steel ringan dan kuat juga ditingkatkan hingga 24% untuk meningkatkan daya tahan bodi dan mengurangi bobot kendaraan.

Honda BR-V 2022 punya ground clearance 220 mm (+19), dengan dimensi panjang 4.490mm (+34), lebar 1.780 (+45), tinggi 1.685 mm (+19), dan jarak sumbu roda 2.700mm (+38) dibandingkan Honda BR-V lama.
Konsep fascia ala Jetliner Cross membuat mobil terlihat minimalis dan sederhana. Tapi, kesan Low SUV tetap terasa dengan adanya roof rail, underguard, serta over fender.

4. Interior Lebih Mewah
Di dalam kabin, interior All New Honda BR-V berubah drastis. Tidak ada lagi kemiripan dengan Honda Mobilio ataupun BR-V lama. Mewahnya jauh lebih terasa. Ini terlihat dari sentuhan kulit di dashboard, door panel, tuas kemudi, hingga jok depan yang dirancang ala bucket agar lebih nyaman menopang tubuh.

Desain kisi-kisi AC lebih simetris. Pengaturan AC kini sudah digital. Layar di headunit sudah 7 inci dengan dukungan Android Auto/Car Play di setiap variannya. Bahkan ada layar TFT 4,2 inci di panel instrumen. Mewah. Desain lingkar setir juga berubah, lebih kekinian juga lebih banyak tombol.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2054 seconds (11.210#12.26)