Jika Mudik Menggunakan Sepeda Motor, Ingat 4 Resiko Ini!

Rabu, 20 April 2022 - 23:24 WIB
loading...
Jika Mudik Menggunakan Sepeda Motor, Ingat 4 Resiko Ini!
Menjelang lebaran 2022, masyarakat yang mudik menggunakan sepeda motor diprediksi masih cukup banyak. Foto/Okezone
A A A
JAKARTA - Menjelang lebaran 2022, masyarakat yang mudik menggunakan sepeda motor diprediksi masih cukup banyak. Mengenai hal ini, sebenarnya pemerintah melalui Kementerian Perhubungan sudah mengeluarkan anjuran untuk tidak mudik dengan menggunakan sepeda motor.

Alasannya adalah karena penggunaan sepeda motor dinilai tidak terlalu aman bagi para pemudik. Terlebih jika tujuan mudiknya cukup jauh dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, tercatat juga bahwa angka kecelakaan saat mudik didominasi oleh pengendara motor.

Dalam sejarahnya, mudik dengan menggunakan sepeda motor memang sudah tradisi. Alasannya beragam, dari hemat pengeluaran serta efisiensi waktu, hingga menambah pengalaman dalam berkendara.

Lantas, apa sebenarnya risiko yang mungkin ditimbulkan dari mudik menggunakan sepeda motor?. Dilansir dari situs Kemenkes, berikut ulasannya.

BACA : Gagal Tembus Karawang, Ribuan Pemudik Motor Dipaksa Putar Balik ke Bekasi

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Kemenkes RI, Prof. dr. Tjandra Yoga Aditama menyampaikan beberapa risiko yang mungkin terjadi apabila masyarakat mudik menggunakan sepeda motor.

1. Menyebabkan Nyeri Leher atau Otot

Mudik lebaran merupakan proses perjalanan yang menempuh jarak cukup jauh serta waktu yang tidak sedikit. Dalam hal ini, pengendara yang mudik dengan sepeda motor harus menyetir dalam waktu yang lama.

Hal tersebut bisa membuat pengendara mengalami nyeri pada bagian leher maupun nyeri otot. Penyebabnya adalah karena peradangan pada sendi tulang belakang.

2. Bisa Sakit Pinggang
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1588 seconds (10.177#12.26)