Pentingnya Spooring Ban Mobil Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

Kamis, 21 April 2022 - 16:00 WIB
loading...
Pentingnya Spooring Ban Mobil Sebelum Digunakan Mudik Lebaran
Spooring dan balancing roda mobil wajib dilakukan sebelum pulang ke kampung halaman. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Bagi Anda yang ingin mudik atau pulang ke kampung halaman menggunakan mobil pribadi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satu yang tidak boleh luput adalah spooring ban.

Spooring ban merupakan suatu proses meluruskan dudukan ban. Mengingat jarak tempuh mudik yang relatif jauh, maka spooring ban perlu dilakukan untuk memastikan keselamatan pengguna.

Ini karena ban mobil menjadi salah satu elemen penting untuk menggerakkan kendaraan. Seringnya, pemakaian rutin dapat membuat ban berpindah dari posisi awalnya.

Perubahan posisi ban bisa disebabkan oleh kondisi jalan yang dilalui setiap harinya. Bila kondisi jalan kurang bagus, ini akan membuat pengaturan ban mobil lebih cepat mengalami perubahan.

Spooring berfungsi meluruskan posisi masing-masing ban mobil agar sesuai pengaturan semula. Letak keempat ban akan diubah ke posisi standar pabrik.

Pentingnya Spooring Ban Mobil Sebelum Digunakan Mudik Lebaran

Spooring wajib dilakukan jika saat berkendara merasakan beberapa gejala tertentu seperti adanya suatu ketidaknyamanan pada bagian ban saat memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Tak hanya itu, keadaan ban yang harus dilakukan spooring juga bisa diketahui dari posisi keempat roda yang nampak tidak lurus atau sejajar, yang bisa dilihat dengan jelas dikala mobil dalam posisi diam.



Spooring ban biasanya dilakukan setiap enam bulan sekali. Apabila sering menempuh perjalanan yang jauh atau sering melalui jalan dengan kondisi jelek maka bisa melakukan spooring setiap 10.000 kilometer sekali.

Meski terkesan merepotkan, melakukan spooring akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih aman dan nyaman. Ini juga merupakan bagian dari perawatan agar mobil tidak mengalami kerusakan dini.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2104 seconds (0.1#10.140)