6 Cara Baca Ukuran Ban Mobil Biar Tak Keliru Saat Ganti Ban

Kamis, 21 April 2022 - 23:03 WIB
loading...
6 Cara Baca Ukuran Ban Mobil Biar Tak Keliru Saat Ganti Ban
Cara baca ukuran ban akan mempermudah Anda dalam memilih ban sesuai kendaraan dan perawatan agar tetap layak digunakan. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Cara baca ukuran ban mobil akan mempermudah Anda dalam memilih ban sesuai kendaraan dan perawatan agar tetap layak digunakan. Telapak ban terdiri dari kode yang berisi informasi mengenai spesifikasi ban, seperti ukuran tekanan, bentuk, tahun produksi ban, ukuran velg, beban maksimum, dan batas kecepatan maksimum.

Ban adalah salah satu komponen penting dan vital bagi kendaraan bermotor karena berfungsi juga untuk pengereman. Kondisi rem yang bagus belum tentu bisa bekerja maksimal untuk menghentikan kendaraan jika ban sudah tidak layak digunakan.

Ban juga satu-satunya komponen kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalan. Untuk itu, Anda harus memperhatikan ban tidak hanya kondisi fisiknya tetapi juga kode yang tertera di bagian samping.



Kode ini memuat berbagai macam informasi, mulai dari tahun pembuatan hingga konstruksi ban . Dilansir dari Auto2000, berikut cara baca ukuran ban mobil agar tidak keliru saat mengganti ban:

1. Tiga angka depan sebagai kode ketebalan

Cara baca ukuran ban mobil bisa pada bagian awal kode, misalkan menggunakan kode 205/65R15 95H. Anda dapat melihat angka 205. Tiga angka paling depan pada kode ban tersebut menunjukkan tingkat ketebalan dinding ban dalam ukuran milimeter ketika dipasangi pelek.

2. Dua angka setelah garis miring adalah rasio ban

Cara baca ukuran ban mobil berikutnya adalah temukan garis miring sebagai pemisah kode. Dua angka setelah garis miring, yaitu 65 (205/65R15 95H), merupakan rasio ban. Kode rasio ban artinya persentase tinggi ban terhadap ketebalannya.

3. Huruf di tengah sebagai kode konstruksi ban
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1930 seconds (0.1#10.140)