Mengenal Apa Itu Sistem Contraflow dan One Way di Jalan Tol

Jum'at, 29 April 2022 - 19:45 WIB
loading...
Mengenal Apa Itu Sistem Contraflow dan One Way di Jalan Tol
Contraflow merupakan sistem pengaturan lalu lintas yang mengubah arah laju kendaraan berlawanan dari arah normal. Foto/Jasa Marga
A A A
JAKARTA - Sisten contraflow dan one way diberlakukan petugas kepolisian untuk mengurai kemacetan selama mudik Lebaran 2022. Cara ini cukup berhasil mengingat ada puluhan ribu kendaraan yang bergerak bersamaan di jalan tol menuju kampung halaman.

Mudik tahun 2022 ini tentunya akan kembali diramaikan pemudik karena tahun-tahun sebelumnya dilarang pemerintah karena pandemi Covid-19.

Mobil menjadi salah satu kendaraan favorit, selain praktis juga fleksibel karena mobilitas pemudik akan tetap terjaga di kampung halaman nanti.

Banyaknya pemudik yang membawa kendaraan pribadi tentunya akan membuat beberapa ruas jalan terutama di jalan tol akan mengalami kepadatan dan kemacetan panjang.

BACA : Tancap Gas, Mudik Lebaran Lewat Pantura Bebas Contraflow

Pada tahun ini, pemerintah memberlakukan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan. Beberapa kebijakan yang diterapkan meliputi sistem one way dan contraflow di ruas-ruas tertentu tol Trans Jawa.

Lalu bagi para pemudik apakah sudah tahu arti dari istilah one way dan contraflow? Jika belum maka simak penjelasan ini.

One way adalah rekayasa lalu lintas dengan mengubah jalur yang semula dua arah menjadi satu arah. Sistem satu arah ini diterapkan dalam upaya untuk meningkatkan kapasitas jalan sehingga mencegah kemacetan.

Misalnya, untuk mengurai kepadatan kendaraan yang keluar dari Jakarta diterapkan one way di Tol Cikampek. Artinya, jalan tol yang semula mengarah keluar dan menuju Jakarta dialihkan hanya untuk kendaraan yang keluar Jakarta saja.

BACA JUGA : Ilmuwan Teliti Lalat dan Jangkrik untuk Jadi Makanan Pokok Penduduk Bumi
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2415 seconds (10.101#12.26)