Motor Ditinggal Lama Mudik, Jangan Lupa Isi Tangki Bensin

Sabtu, 30 April 2022 - 15:00 WIB
loading...
Motor Ditinggal Lama Mudik, Jangan Lupa Isi Tangki Bensin
Motor yang ditinggal lama mudik sebaiknya diisi bensin terlebih dulu. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Motor ditinggal lama mudik ternyata perlu mendapat perlakuan khusus. Jangan sampai karena terlalu sibuk mempersiapkan kebutuhan mudik, Anda justru meninggalkan begitu saja motor kesayangan Anda.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah kondisi tangki bensin. Jangan sampai ketika Anda pulang mudik terlalu lama, kondisi tangki bensin dibiarkan kosong. Justru sebaliknya Anda harus mengisi penuh tangki bensin motor tersebut.

Hal itu berguna untuk menghindarkan terjadinya karat karena proses penguapan bensin saat sepeda motor ditinggal dalam waktu yang lama.



Pasalnya tangki bahan bakar penuh dapat menangkal terciptanya kondensasi. Soalnya tak ada sisa ruang di penampung. Bila sampai terbentuk embun, kualitas bensin menurun.

Kondensasi akan menimbulkan butiran-butiran air. Hal ini dikarenakan pengembunan akibat udara terjebak di dalam tangki bahan bakar.



Dalam ilmu fisika, air memiliki massa jenis yang lebih berat jika dibandingkan dengan bensin. Bagi motor lawas yang menggunakan karburator hal itu akan membuat motor sering brebet dan akhirnya bisa mogok. Kondisi lebih parah justru bisa terjadi pada motor injeksi yang ada saat ini.

Air yang ada dalam tangkin bensin akan membuat fuel pump dan injektor. Jadi sekali lagi hindari meninggalkan motor Anda terlalu lama mudik dengan kondisi tangki bensin kosong.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6318 seconds (0.1#10.140)