Demi Caplok Twitter, Elon Musk Jual Saham Tesla Senilai Rp58 Triliun

Sabtu, 30 April 2022 - 11:37 WIB
loading...
Demi Caplok Twitter, Elon Musk Jual Saham Tesla Senilai Rp58 Triliun
Elon Musk berambisi menjadi pemilik media sosial Twitter. Foto: ist
A A A
AMERIKA - Elon Musk menjual sekitar USD4 miliar (Rp58 triliun) saham Tesla beberapa hari setelah tawarannya membeli Twitter . Demikian menurut pengajuan Securities and Exchange Commission.

CEO Tesla dan SpaceX tersebut melepas sekitar 4,4 juta saham perusahaan di Tesla. Dampaknya, saham Tesla turun 12%.

Setelah mengajukan penjualan saham Tesla, Musk menulis di Twitter, ”tidak akan ada penjualan saham TSLA lagi setelah hari ini,” cuitnya.

Musk menawar untuk membeli Twitter dan menjadikan perusahaan media sosial itu sebagai perusahaan privat, bukan publik dengan harga USD54,20 per saham atau total sekitar USD44 miliar.

Untuk melakukannya, Musk berutang USD25,5 miliar, termasuk pinjaman USD12,5 miliar lewat saham Tesla-nya. Awal pekan ini Twitter menerima tawaran Musk, meski tetap butuh persetujuan pemegang saham dan pemerintah.

Musk juga harus membayar Twitter biaya penghentian (termination fee) sebesar USD1 miliar jika ia gagal mendapatkan dana yang cukup untuk menyelesaikan kesepakatannya untuk membeli Twitter.

BACA JUGA: 7 Inovasi di Samsung Media Forum 2022, Neo QLED 8K, TV Gaming, dan Micro LED

Di sisi lain, Twitter akan berhutang kepada Musk biaya pelepasan (break-up fee) USD1 miliar jika menerima tawaran lainnya, atau jika pemegang saham menolak kesepakatan tersebut.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1452 seconds (10.101#12.26)