Arus Balik Lebaran 2022, Simak Baik-Baik Tips Agar Tidak Mengantuk!

Minggu, 08 Mei 2022 - 11:05 WIB
loading...
Arus Balik Lebaran 2022, Simak Baik-Baik Tips Agar Tidak Mengantuk!
Para pemudik harus berjibaku mengejar waktu sambil menghadapi kemacetan serta jarak tempuh yang jauh. Foto: Sindonews
JAKARTA - Momentum arus balik Lebaran 2022 mencapai puncaknya selama 6-8 Mei 2022. Sejumlah aturan diterapkan untuk menghindari kemacetan lalu lintas, termasuk aturan one way saat arus balik mudik Lebaran 2022 yang berlaku di beberapa lokasi jalan tol.

Kebijakan itu akan berlaku dari Km 414 Tol Kalikangkung hingga Km 47 Tol Jakarta-Cikampek. Dari pantauan Sindonews, aturan one way ini memang sangat efektif untuk mengurai kemacetan Lebaran.

Sebab, selepas tol Semarang jumlah kendaraan dari Jawa Timur dan Jawa tengah memang sangat tinggi. Kepadatan arus lalu lintas terpecah dengan adanya one way. Meski demikian, tetap saja banyak para pemudik yang kelelahan.

Banyak sekali rest area yang terpaksa ditutup lantaran terlalu penuh dan menyebabkan antrean bahkan kemacetan. Sepanjang jalur tol Cikampek, Cipali, Cikopo, dan Kanci, Sindonews mendapati banyak pemudik yang kelelahan dan terpaksa menghentikan kendaraan mereka di pinggir jalan.

Jumlah kendaraan yang menepi terlihat semakin banyak pada Minggu (8/5) dini hari di ruas tol Cipali dan Cikampek. Nah, bagaimana sebenarnya tips saat mengemudi dalam keadaan mengantuk?

1. Istirahat Setiap 2 Jam
Beristirahat setiap dua jam dianjurkan. Gunanya untuk melakukan peregangan otot atau tidur singkat. Jika dipaksa menyetir tanpa jeda, tubuh dan mata jadi cepat lelah. Meski tidak sedang mengantuk atau letih, usahakan beristirahat setiap beberapa jam sekali di rest area.

2. Menepi dan Tidur
Arus Balik Lebaran 2022, Simak Baik-Baik Tips Agar Tidak Mengantuk!

Menepi dan tidur selama 15 menit-30 menit sangat dianjurkan. Apalagi, jika Anda bisa tidur dengan pulas (deep sleep). Ini seperti Super Fast Charging pada ponsel. “Baterai” di tubuh Anda akan terisi dengan cepat dan Anda bangun dalam keadaan lebih segar.

3. Jangan Minum Obat
Hindari konsumsi obat-obatan seperti obat anti mabuk, anti masuk angin, atau lainnya karena memiliki efek samping mengantuk.

4. Navigator
Peran navigator atau teman atau anggota keluarga yang bisa menemani Anda sepanjang jalan sangat penting. Apalagi, jika Anda sopir tunggal di mobil. Carilah tema obrolan yang menarik dan seru. Ini efektif membuat perjalanan tidak terasa.

5. Makanan dan Minuman
Silahkan mencari konsumsi makanan dan minuman apa yang bisa membuat Anda tetap terjaga. Misalnya meminum kopi, menyediakan snack di mobil, permen, atau lainnya yang bisa membuat Anda terjaga.

BACA JUGA: Arus Balik, Jasa Steam dan Cuci Mobil Kebanjiran Order

6. Hiburan
Kondisi mobil yang hening dan sepi bisa membuat mengantuk. Tidak ada salahnya untuk memutar Playlist lagu favorit Anda di layanan streaming. Lalu, Anda bisa bernyanyi dalam hati atau berdendang. Ini sangat efektif mengusir kantuk. Atau, cara lain adalah mendengarkan podcast, standup comedy, motivasi, ceramah, kajian, atau apapun yang membuat otak Anda terus bekerja.
(dan)
Komentar Anda