Tiru Indonesia, Malaysia Ikut Goda Tesla Investasi Mobil Listrik

Jum'at, 13 Mei 2022 - 08:59 WIB
loading...
Tiru Indonesia, Malaysia Ikut Goda Tesla Investasi Mobil Listrik
Pengguna Tesla di Malaysia cukup signifikan meski infrastruktur pendukung belum maksimal. Foto/Tesla Club Malaysia Facebook
A A A
WASHINGTON - Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob mengundang pengusaha Amerika untuk berinvestasi di berbagai bidang bisnis di negeri jiran termasuk otomotif. Undangan itu dilayangkan oleh Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob saat mengadakan pertemuan dengan US-Asean Business Council (US-ABC) di Washington, Amerika Serikat, baru-baru ini.

"Saya menyarankan agar Tesla berinvestasi di Malaysia dalam memproduksi mobil listrik," ujar Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob.

Dia melanjutkan saat ini Malaysia telah meminta US-ABC, yang mewakili 170 bisnis besar Amerika di Asia Tenggara, untuk berperan lebih besar dalam menarik investasi ke ASEAN, khususnya Malaysia. Dia menambahkan dari pertemuan itu US-ABC menganggap Malaysia sebagai mitra dagang penting Amerika Serikat.



Tiru Indonesia, Malaysia Ikut Goda Tesla Investasi Mobil Listrik


Sementara disebutkan Paultan, undangan Malaysia kepada pembuat mobil listrik paling popular di dunia dari Amerika Serikay itu masih belum terlalu matang. Menurut mereka undangan Perdana Menteri Malaysia masih berada jauh di belakang dengan apa yang sudah dilakukan oleh Indonesia. "Indonesia telah lama melakukan pembicaraan dengan Tesla tentang kemungkinan mendirikan pabrik di republik itu untuk membuat baterai untuk mobil listrik," sebut Paultan.

Awalnya, Tesla memang hanya tertarik untuk membangun baterai untuk sistem penyimpanan energi daripada untuk mobilnya di Indonesia. Namun, pertemuan terbaru yang dipimpin oleh Menteri Kordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dengan CEO Tesla Elon Musk baru-baru ini membuat diskursus kolaborasi Tesla dan Indonesia bergeliat lagi.



Apalagi saat ini Presiden Joko Widodo juga sudah berada di Amerika Serikat seperti halnya Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Ismail Sabri Yaakob.

Presiden Joko Widodo sendiri dijadwalkan bertemu langsung dengan Elon Musk dalam kunjungan itu. "Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia, ingin membangun rantai pasokan penuh untuk mengekstrak bahan kimia baterai dari logam daripada hanya mengekspornya," sebut Paultan lagi.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2460 seconds (0.1#10.140)