Motor Ngebul Ini Kompenen yang Harus Dicek

Jum'at, 20 Mei 2022 - 16:25 WIB
loading...
Motor Ngebul Ini Kompenen yang Harus Dicek
Motor Ngebul Ini Kompenen yang Harus Dicek. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Motor ngebul menjadi salah satu masalah yang sering dialami. Selain akan membuat tidak nyaman bagi pengendara, motor ngebul juga tentunya dapat mengganggu lingkungan sekitar.

Penyebab motor ngebul sendiri cukup beragam dan bisa berkaitan dengan berbagai faktor. Bisa disebabkan oleh adanya gangguan di dalam komponen mesin atau bisa juga karena faktor lainnya.



Berikut ini adalah penyebab motor ngebul serta cara mudah mengatasinya yang perlu dipahami oleh pengendara, seperti dilansir dari blog resmi Suzuki, Kamis (19/5/2022):

1. Silinder atau liner mesin sudah aus

Salah satu penyebav motor menjadi ngebul adalah silinder atau liner mesin sudah dalam keadaan aus. Kerusakan silinder tersebut biasanya diakibatkan oleh terganggunya komponen mesin motor lainnya, yaitu piston yang juga sudah dalam keadaan aus.

Silinder motor bekerja dengan cara bergesekan langsung dengan piston saat mesin motor sedang dalam keadaan menyala. Kondisi silinder mesin yang sudah aus akan mengakibatkan mengalirnya oli ke dalam ruang bakar, sehingga bisa menyebabkan munculnya asap.

Langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi keausan pada silinder motor adalah dengan melakukan bore up. Pembubutan silinder motor tersebut harus menggunakan bantuan tenaga montir untuk melakukan turun mesin sebelum bore up.

2. Batang katup mengalami pembengkokan

Penyebab lain motor ngebul adalah batang katup yang mengalami pembengkokan. Seperti diketahui, batang katup dari mesin motor adalah untuk menghubungkan antara komponen klep dan cam. Jika bengkok, maka kedua komponen tersebut tidak bisa terpasang pada posisi center yang seharusnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)