Alasan Setir Mobil Harus Lurus saat Parkir

Jum'at, 20 Mei 2022 - 17:26 WIB
loading...
Alasan Setir Mobil Harus Lurus saat Parkir
Alasan Setir Mobil Harus Lurus Saat Parkir. FOTO/ DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Setir mobil harus lurus saat parkir mungkin oleh sebagian pengendara belum mengetahui alasan . Umumnya, mereka mungkin menganggap aturan ini hanya untuk memastikan agar posisi parkir kendaraan rapi.

Namun, ternyata alasan di balik ini tak hanya sebatas soal kerapian saat parkir. Melainkan berguna juga untuk menjaga salah satu komponen yang ada pada mobil.



Dikutip dari situs Suzuki, meluruskan setir mobil saat parkir bisa menjadikan komponen power steering menjadi lebih awet. Terlebih bagi mobil yang dilengkapi power steering model hidraulis.

Pada teknisnya, power steering hidraulis ini akan menghasilkan tekanan pada rack steer. Fungsinya adalah untuk meringankan beban tangan pengendara saat memutar setir dalam membelokan ban.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa mobil yang parkir tanpa meluruskan setir bisa menerima efek jangka panjang yang buruk. Hal ini terjadi pada seal dan jalur oli yang tidak bisa lagi menahan beban. Bahkan, sewaktu-waktu bisa juga jebol. Lantas, saat oli pada power steering bocor, setir akan menjadi lebih berat saat dibelokkan.

Namun, pada perkembangan teknologi setiap tahunnya, sudah ditemukan solusi untuk masalah ini. Kondisi seperti di atas tak berlaku lagi pada mobil yang sudah dilengkapi Electric Power Steering atau EPS. Komponen ini biasanya terdapat pada mobil modern atau keluaran terbaru.

Berbeda dengan Power Steering Hidraulis yang mengandalkan oli, EPS menggunakan motor elektrik sebagai pemberi tekanan pada rack steer.

Hal ini membuat kondisi parkir dengan ban lurus atau miring tidak berpengaruh pada sistem EPS. Penyebabnya adalah saat mesin dalam keadaan mati, tidak ada tenaga yang disalurkan ke ECU atau komponen elektrik lainnya.

Jadi, walaupun mobil parkir dalam keadaan ban belok sekalipun, motor elektrik pada EPS tidak memiliki daya listrik. Sehingga kendaraan akan tetap aman dari kerusakan.

Alasan setir mobil harus lurus saat parkir di atas adalah alasan paling kuat untuk merawat mobil kesayangan Anda.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)