Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Keberhasilan Atlet Indonesia Raih Puncak Klasemen MotoGP E-Sports

Selasa, 24 Mei 2022 - 17:31 WIB
loading...
Menparekraf Sandiaga Uno Apresiasi Keberhasilan Atlet Indonesia Raih Puncak Klasemen MotoGP E-Sports
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi keberhasilan Charles Hebingadil, yang meraih posisi klasemen ketiga kategori Rest of The World dalam kompetisi MotoGP E-Sports / Foto:
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi keberhasilan Charles Hebingadil atau Tateego_, atlet e-Sports asal Sulawesi Utara yang meraih posisi klasemen ketiga kategori Rest of The World dalam kompetisi MotoGP E-Sports.

Hal ini disampaikan Sandiaga dalam Weekly Press Briefing yang berlangsung secara hybrid dari Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (23/5/2022). Sandiaga mengatakan, Tateego merupakan satu-satunya atlet asal Indonesia yang berhasil menduduki Top 8 klasemen dalam kompetisi balap motor virtual tersebut.

"Harapannya kalau belum ada rider Indonesia di MotoGP, paling tidak di E-Sports-nya kita ada di posisi tiga besar dunia. Semangat untuk Tateego," kata Sandiaga.

BACA JUGA: Juara Bertahan Barbora Kerjcikova Tersingkir di Prancis Terbuka 2022

Tateego sendiri nantinya akan berlaga di lima seri balapan virtual. Di mana pada seri penutup Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat akan menjadi sirkuit yang dilombakan.

Sandiaga mengatakan pihaknya berkomitmen mendukung pembentukan ekosistem industri game di Indonesia, sehingga dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat. Persiapan pembentukan ekosistem ini merupakan tugas yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo agar industri game di Indonesia bisa semakin maju dan berkembang pesat.

"(Tujuannya) agar e-sports atau industri gaming yang jumlahnya (potensi pasar) 2 miliar dolar AS lebih ini lebih membuka peluang bagi pelaku-pelaku gaming Indonesia seperti game developer sampai player-nya. Jadi rantai industri gaming ini cukup panjang dan (bisa) membuka lapangan kerja yang luas," ujar Sandiaga.

BACA JUGA: Saul Canelo Alvarez Klaim Trilogi vs Golovkin Digelar September 2022

Salah satu upaya yang akan dilakukan Kemenpareraf, lanjut Sandiaga, adalah dengan membentuk Badan Layanan Umum (BLU) untuk memberikan akses pembiayaan kepada developer game lokal. Sehingga, kualitas game lokal bisa semakin meningkat dan dipertandingkan di kancah internasional.

Sandiaga juga mengapresiasi keberhasilan kontingen E-sports Indonesia yang berhasil meraih dua medali emas, tiga medali perak, dan satu medali perunggu dalam Sea Games 2021 di Vietnam. "Untuk atlet-atletnya saya ucapkan selamat atas prestasinya karena sudah mendapatkan medali emas di Sea Games (pada game) PUBG Mobile dan Free Fire," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3675 seconds (0.1#10.140)