Alasan Mengapa Mobil Sedan Jarang Memiliki Wiper Belakang

Jum'at, 27 Mei 2022 - 12:30 WIB
loading...
Alasan Mengapa Mobil Sedan Jarang Memiliki Wiper Belakang
Menambahkan wiper belakang pada mobil sedan membuatnya aneh dan tidak natural. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Sebagian pengguna mobil sedan mungkin bertanya-tanya, mengapa mobilnya tidak memiliki wiper belakang? Ternyata, hal ini memiliki alasan tertentu.

Wiper belakang biasanya digunakan untuk membersihkan secara otomatis kaca belakang dengan mudah. Ini penting, terutama saat hujan. Supaya pandangan ke belakang tidak terhalang air.

Tapi, sedan yang justru kendaraan mewah dan memiliki banderol mahal justru tidak banyak yang memiliki wiper belakang. Nah, berikut alasannya:

Pola Aliran Udara Mobil
Desain sedan memiliki pola aliran udara lebih cepat ke belakang. Dampaknya, kotoran atau air akan jarang menetes di kaca belakang karena tersapu udara.
Sementara untuk mobil hatchback, memiliki bagian kaca hampir vertikal sehingga sulit terkena aliran udara. Jadi, air tidak cepat hilang.

Konsumsi Bahan Bakar
Wiper belakang di mobil sedan akan menciptakan lebih banyak hambatan aerodinamis, sehingga membuat konsumsi bahan bakar lebih boros. Selain itu, wiper juga buuth motor listrik dan mekanisme lain yang rumit.

Desain Bagasi
Ruang bagasi di mobil sedan tentunya berbeda dari mobil lain. Dengan adanya wiper belakang pada mobil ini tentunya akan sulit untuk membuka ruang penyimpanan.

BACA JUGA: Spesifikasi Mobil Formula E yang Bakal Nongol di Car Free Day, 0-100 Kpj Cuma 2,8 Detik

Desain Mobil
Keberadaan wiper belakang pada mobil sedan dianggap merusak tampilan mobil yang elegan dan mewah. Tapi, tetap saja masih ada beberapa produsen sedan yang memberikan wiper belakang di produk mereka walaupun tidak banyak.
(dan)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2671 seconds (11.97#12.26)